Gambar Jamaluddin M Syamsir Motivasi Mahasiswa FTK UIN Alauddin

Jamaluddin M Syamsir Motivasi Mahasiswa FTK UIN Alauddin

UIN Online - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar telah melaksanakan masa Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK). Dengan mengusung tema “Tarbiyah Progresif”, di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Aula Perpustakaan Syekh Yusuf UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 2 – 4 September 2019.

PBAK FTK tahun ini diikuti 799 mahasiswa yang tersebar di sembilan jurusan yang berada di FTK. Dari serangkaian acara turut hadir Jamaluddin M Syamsir (JMS) selaku alumni dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan keynote speaker mengisi materi “Pendidikan Progresif”. Jamal sapaan akrabnya di dalam sesi penyampaian materinya menyebutkan bahwa untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan progresif maka hendaknya tidak berleha-leha dalam menempuh pendidikan, sebagaimana pesan Imam Al Gasali hal utama yang harus diperhatikan untuk menjadi orang yang progres, seseorang harus memperbaiki niatnya terlebih dahulu. “Kalau anda ingin sukses dalam menempuh pendidikan maka kuncinya jangan menjadi mahasiswa yang senang berleha-berleha, kurangi tidur dan kurangi makan,” ujar Jamal yang pernah menjadi ketua DPD KNPI SULSEL.

Jamal yang saat ini disebut-sebut bakal maju sebagai Calon Bupati Bulukumba juga mengingatkan mahasiswa untuk patut bersyukur dapat berstatus sebagai mahasiswa karena banyak teman-teman atau saudara mereka yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Mereka tentu menitipkan harapan kepada para mahasiswa ini untuk bisa menjadi kebanggaan bagi orangtuanya dan teman-temannya yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya. Dan kedepannya diharapkan mereka bisa mengangkat derajat orang-orang yang ada disekitarnya.

“Semoga mahasiswa baru fakultas Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2019 ini dapat menjadi mahasiswa dan alumni yang membanggakan almamaternya baik ditingkat nasional maupun internasional,” harapnya. (*)

Previous Post UIN Alauddin Bantah Kerjasama Program Ferienjobs Jerman
Next Post Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru