Gambar Jalin Keakraban Lewat Photography and Caricature Contest

Jalin Keakraban Lewat Photography and Caricature Contest

UIN Online - Di Indonesia perkembangan fotografi semakin pesat, awalnya dunia fotografi merupakan pekerjaan atau profesi yang diperuntukkan untuk kalangan atas namun, pada masa sekarang ini setiap orang sudah bisa menjadikannya hobi dan ajang mengekspresikan diri, bahkan digunakan sebagai media untuk mengkritik.

Media lain sebagai alat mengekspresikan diri atau pun sekedar mengkritik, semisal Karikatur. Seni gambar–menggambar ini dikenal sebagai penggambaran terhadap suatu objek konkrit dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut.

Karikatur menggambarkan objek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Berbeda halnya dengan kartun yang membentuk cerita, karikatur tidak demikian, meski karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya saja kartun editorial.

Di media massa, karikatur acap kali digunakan hanya untuk menggambarkan seorang tokoh saja, ataupun mereka yang memberikan sumbangsih terhadap media tersebut, seperti telah menulis opini ataupun karya tulis lain di media tersebut, meski penggunaannya bisa dieksplorasi pada tingkat yang lebih tinggi, semisal untuk mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah atau pun hal-hal lainnya.

Dasar pemikiran inilah yang dinilai penting oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Informatika Mahasiswa Alauddin (LIMA,) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin  Makassar, untuk menggelar Photography and Caricature Contest, Sehubungan dengan rangkaian Semarak Milad UKM LIMA UIN Alauddin  Makassar yang ke dua puluh sembilan tahun.

Kegiatan  yang bertemakan ‘UIN Alauddin dan Peradabannya’ serta tema umum ‘Pendidikan Dimata Lensa,’ ini akan berlangsung selama empat hari.terhitung dari tanggal 2 sampai dengan 5 Juni 2014. Kegiatan pertama ialah lomba fotografi dan Karikatur. Kemudian dilanjutkan dengan Workshop fotografi yang dimulai pada Kamis, 05 Juni 2014 mendatang di Lecture Theatre (LT) UIN Alauddin, pukul 14.00-selesai.. (info lebih lengkap kunjungi website resmi UKM LIMA  www.washilah.com).

Ajang ini bertujuan untuk lebih mempererat tali persahabatan antar pecinta Fotografi dan Karikatur tanpa melihat latar belakang mereka ini, dapat diikuti oleh Pelajar, Mahasiswa, dan Umum.Seratus pendaftar pertama Lomba fotografi akan mendapatkan souvenir menarik dari Sponsor.

pemenang lomba fotografi dan karikatur, akan mendapatkan hadiah uang pembinaan serta sertifikat dari panitia pelaksana. Pemenang akan diumumkan sehari setelah batas akhir pengumpulan karya, dan akan diumumkan melalui website Resmi UKM LIMA www.washilah.com. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada puncak acara Milad dua puluh sembilan Tahun UKM LIMA UIN Alauddin. Selain itu, hasil Foto akan di cetak dan dipajang pada perayaan Milad serta dimuat di tabloid UKM LIMA WASHILAH.

Previous Post WR III UIN Alauddin Makassar Tegaskan Akan DO Mahasiswa Terlibat Tawuran
Next Post Empat Mahasiswa FUF UIN Alauddin Juara Lomba Penulisan Makalah BPIP RI