Gambar Inovasi Berkelanjutan, Prodi Fisika Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Inovasi Berkelanjutan, Prodi Fisika Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) sebagai upaya inovasi berkelanjutan di bidang fisika, babak final ini berlangsung di LT FST, Jumat, 25 Oktober 2024.

Kegiatan ini mengusung tema “Inovasi Material dan Teknologi Instrumentasi Untuk Keberlanjutan Energi, Kesehatan, dan Lingkungan.

Lomba yang diselenggarakan sejak bulan september ini terdiri dari tiga tahap, yakni tahap administrasi dan abstrak, tahap penelitian dan pengumpulan karya tulis ilmiah dan yang terakhir adalah tahap lomba final secara offline.

Ketua Prodi Fisika, Muh. Said mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah yang pertama kalinya sejak masa kepemimpinannya dan akan menjadi program rutin yang akan dilakukan.

“Kegiatan ini pun telah dimasukkan sebagai kegiatan utama sumber dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) 2025,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pemenang lomba akan dijadikan sebagai calon persiapan lomba tingkat nasional seperti OASE yang akan diberikan bimbingan khusus.

“Pemenang lomba akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba tingkat Nasional seperti OASE, dan akan diberikan bimbingan,” katanya.

Salah satu peserta lomba angkatan 2023, Ahmad Fauzan Fadillah mengatakan bahwa dirinya sejak awal sudah siap dan berinisiatif untuk mengikuti lomba LKTI tersebut.

“Sejak awal penggarapan saya sudah diberi tahu tentang lomba ini dan saya berinisiatif untuk mengajak teman saya untuk ikut,” terangnya.

Lebih lanjut, Fauzan juga mengungkapkan bahwa perasaan optimis dan semangat dari dirinya semakin menggebu-gebu setelah tiba di puncak acara walaupun menurutnya akan ada tantangannya.

“Di puncak acara saya rasa persaingan antara peserta lain sangat ketat, disamping itu hanya ada dua tim dari angkatan saya yang lolos dari total 13 tim dari seluruh angkatan yang ikut,” ujarnya.

Previous Post Prof Taruna Ikrar: BPOM Siap Berkolaborasi dengan UIN Alauddin Makassar untuk Wujudkan Kampus Berkel
Next Post Dies Natalis ke-59 UIN Alauddin: FKIK Gandeng BPOM RI, Siapkan Lompatan Menuju World-Class Universit