Gambar Implementasi MBKM, FTK UIN Alauddin Adakan Workshop Review Kurikulum

Implementasi MBKM, FTK UIN Alauddin Adakan Workshop Review Kurikulum

UIN Alauddin Online - Dalam rangka mengimplementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengadakan workshop review kurikulum.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (10/11/07/2021) di Sultan Alauddin Hotel and Convention, Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar.

Dekan FTK UIN Alauddin, Dr Marjuni M Pd mengatakan beberapa tahapan telah dilalui dalam perumusan penerapan kurikulum MBKM, seperti penyamaan visi misi. 

Menurut Direktur Yayasan Pesantren Madani itu, orientasi dari penerapan kurikulum MBKM adalah menciptakan mahasiswa yang berdikari.

“Jadi berdikari itu, mampu hidup secara mandiri, dan tidak punya ketergantungan terhadap sistem, dan juga mampu menentukan masa depannya sendiri,” katanya.

Di kampus, lanjut Marjuni, sifat mahasiswa berbeda-beda, ada yang sifatnya student orentik, individualistik, konformasi sosial, hedonis dan pragmatisme.

“Namun dengan penerapan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, dapat membentuk mahasiswa aktivis dan progresif dalam kehidupannya,” tutur pria kelahiran Kabupaten Soppeng itu.

“Jadi mereka mampu menyapa realitas sosial yang ada pada lingkungannya. Dan juga memiliki kemampuan pedagogik terhadap ilmu pengetahuannya,” tambahnya.

Marjuni berpandangan, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan tidak hanya didapat dalam satu kampus saja, tapi juga bisa didapatkan di kampus lainnya.

“Kehidupan tidak hanya di lingkungan kampus insitusi sendiri. Tapi ide-ide cerdas juga bisa kita lahirkan dari kampus-kampus lainnya,” jelasnya.

Dengan begitu, Marjuni berharap dosen maupun guru dapat menjadi role model atau panutan di tengah-tengah kaum akademik yang terdidik, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun skill dan tanggung jawab.

“Karena ke depan pertarungan semakin tinggi, sehingga kita sebagai tenaga pendidik bagaimana mampu melahirkan seorang generasi yang memiliki daya saing yang tinggi di semua lini kehidupan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Dekan Para Wakil Dekan FTK UIN Alauddin Makassar, para ketua dan sekretaris prodi, mahasiswa, dosen, serta beberapa guru, dan kepala madrasah yang ada di bawah naungan UIN Alauddin.

Previous Post Dosen Keperawatan Jadi Narasumber Podcast Kampanye Moderasi Beragama Melalui Digital dan Online Nad
Next Post Pimpinan FAH Beserta Jajarannya Hadiri Sidang Promosi Doktor Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan