Gambar HMJ PWK UIN Alauddin Programkan Pelatihan ArcGIS

HMJ PWK UIN Alauddin Programkan Pelatihan ArcGIS

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) akan menggelar Pelatihan dasar ArcGIS untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa PWK angkatan 2018 dan 2019.

Pelatihan ini digelar di Laboratorium Geografis Informasi Sistem (GIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin pada Kamis-Jumat (17-18/6/2021) mendatang.

Penanggung jawab kegiatan, Muh Fadhil Arbi mengatakan, ArcGIS merupakan aplikasi yang membantu mahasiswa Jurusan PWK untuk memudahkan dalam melakukan survei lapangan.

"Tidak hanya itu, ArcGIS juga membantu kami untuk melakukan analisis, salah satu contohnya itu analisa peta kebencanaan," terangnya menjelaskan, Senin (14/6/2021).

Ia menambahkan, kegiatan ini bukan program wajib. Namun Pengurus HMJ PWK periode 2021 merancang pelatihan ini demi memberikan pemahaman dasar untuk mahasiswa.

"Karna setiap periode himpunan beda program kerjanya, ini juga pelatihan kan masih dasar dan akan dilanjutkan dari jurusan. Ceritanya kami memberikan pelatihan basic kemudian dari jurusan melanjutkan pelatihan advanced," urainya.

Sementara itu, Ketua HMJ PWK, Amiluddin menyebutkan, ini merupakan upaya himpunan dalam membantu mahasiswa memahami dasar-dasar ArcGIS sebelum menuju jenjang selanjutnya.

"Dalam pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat memulai untuk belajar, mengenal dan menguasai prinsip-prinsip GIS dengan menggunakan software ArcGIS," harapnya.

Previous Post Dosen Keperawatan Jadi Narasumber Podcast Kampanye Moderasi Beragama Melalui Digital dan Online Nad
Next Post Pimpinan FAH Beserta Jajarannya Hadiri Sidang Promosi Doktor Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan