Gambar HMJ Pendidikan Biologi UIN Alauddin Gelar Sharing Session Beasiswa

HMJ Pendidikan Biologi UIN Alauddin Gelar Sharing Session Beasiswa

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin menggelar Sharing Session Beasiswa melalui Zoom Meeting pada Minggu (1/8/2021) pagi.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yang lolos di beasiswa berbeda. Nuzul Syarbini, Awardee Beasiswa Unggulan dan Wahyuddin, Awardee Beasiswa Bank Indonesia.

Wahyuddin dalam penyampaiannya mengatakan, Bank Indonesia merupakan bank sentral negara. Ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia bagi para mahasiswa.

Ia menguraikan, setidaknya ada lima persyaratan pendaftaran Bank Indonesia. Diantaranya membuat motivation letter, surat rekomendasi dari akademik dan nonakademik.

"Selanjutnya, telah menyelesaikan 3 semester atau 40 sks, mempunyai IPK minimum 3.50, maksimal usia 23 tahun dan tidak sedang menerima beasiswa lain," paparnya.

Adapun untuk pendaftarannya sendiri lanjut Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Alauddin ini, memiliki beberapa tahap, yaitu seleksi berkas administrasi, wawancara, dan pengumuman.

Sementara itu, Nuzul Syarbini menjelaskan, Beasiswa Unggulan merupakan salah satu beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diberikan kepada mahasiswa.

"Jenis-jenis beasiswanya pun beragam, ada beasiswa masyarakat berprestasi, beasiswa penyandang disabilitas dan juga beasiswa pegawai Kemendikbudistek," terangnya.

Salah seorang peserta kegiatan, Hadrah menilai, kegiatan semacam ini sangat bagus untuk dilaksanakan. Dengan adanya kegiatan sharing session beasiswa imbuh dia, mahasiswa sudah ada bekal awal mengenai beasiswa.

"Dan para mahasiswa juga sudah mengetahui bagaimana tips-tips atau langkah yang harus mereka lakukan agar bisa lolos menjadi penerima beasiswa," pungkasnya

Previous Post Mahasiswa Studi Agama-Agama UIN Alauddin Lakukan Sosialisasi Prodi di Ponpes DDI Mattoanging Bantaen
Next Post UKM LIMA Washilah UIN Alauddin Kerjasama MAN Enrekang Adakan Pelatihan Jurnalistik