Gambar HMJ Jurnalistik Adakan Seminar Pendidikan Politik

HMJ Jurnalistik Adakan Seminar Pendidikan Politik

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan menggelar Seminar Nasional Pendidikan Politik, Kamis (3/5/2012)

Seminar bertema Pentingnya Pendidikan Politik Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan tersebut akan diadakan di Gedung Auditorium Kampus II UIN Samata, Gowa, mulai pukul 08:00 wita

Kegiatan tersebut didukung oleh Kesbangpol Kementrian Dalam Negeri, Lembaga El-Quds Studies Pusat Studi Pendidikan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, dan Politik, serta Mansajul Ulum (MU).

Menurut ketua panitia pelaksana, Ibnu Munsir, ketika ditemui UIN Online, Rabu (2/5/2012), ide kegiatan tersebut bermula dari tawaran organisasi Serikat Jurnalis Keberagaman (Sejuk) dimana ia bergabung.

"Sebenarnya tawaran ini dari seorang teman organisasi di Sejuk yang pernah membuat kegiatan di Makassar. Kebetulan ada teman dari lembaga El-Quds dan MU, maka diajaklah kami bekerja sama," tutur Mahasiswa Jurnalistik, semester IV itu.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah pembelajaran bagi Mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan politik sejak dini.

Sementara itu ketua Jurusan Jurnalistik, Dr Hidayat Nur Said M Ag, mengaku bangga dengan kemampuan Mahasiswa Jurnalistik membuat kegiatan bertaraf nasional apalagi bekerjasama dengan kementerian sekelas Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Saya hanya bisa bilang luar biasa dengan kemampuan Mahasiswa Jurnalistik mencari jaringan di luar, selamat bekerja semoga sukses," harapnya, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (01/05/2012), lalu.

Senada dengan Hidayat, pengamat politik sekaligus sekertaris jurusan Jurnalistik, Dr Firdaus Muhammad M Ag, turut mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, pendidikan politik sejak dini memang penting, apalagi Mahasiswa yang demo dan sering anarkis sebenarnya mereka belum paham tentang politik.
 
"Kegiatan ini saya harap memberikan pelajaran mengenai pendidikan politik terutama bagi Mahasiswa sehingga mereka paham apa itu politik", harapnya.

Seminar ini rencananya akan berlanjut Jumat (05/05/2012) mendatang dengan tema Civil Society dan Penguatan Demokratisasi di Indonesia Melalui Pendidikan Kampus. Kegiatan ini dibuka untuk umum termasuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan bebas biaya pendaftaran. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik