Gambar Hadir di UIN Alauddin Makassar, Wakil Komisaris Bank Mandiri Bahas Ekopol Era Digital

Hadir di UIN Alauddin Makassar, Wakil Komisaris Bank Mandiri Bahas Ekopol Era Digital

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat mengadakan Seminar Nasional di Auditorium FEBI, Kampus II UIN, Senin (20/11/2023).

Acara ini bertajuk Ekonomi Politik
di Era Digital: Sinergi Operasi Milenial Sektor Perbankan dan Potensi Halal Center Sebagai Pusat Inovasi dan Pertumbuhan UMKM Berkelanjutan di Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber utama Wakil Komisaris Independen Bank Mandiri, Andrinof A Chaniago dan Ketua Lembaga Pemeriksa Halal UIN Alauddin,  Dr. Cut Muthiadin, M.Si.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr Muhaimin M Th I mengatakan, seminar ini langkah baru yang menjadi loncatan Prodi untuk lebih maju.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meenjelaskan, Ekonomi Politik di era digital perlu menjadi perbincangan karena era 4.0 sesungguhnya era mesin.

Dia juga mengatakan, Ekonomi sekarang ini beririsan dengan ideologi keagamaan. Sedikit sedikit halal.

Sementara Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Tbk, Andrinof A Chaniago dalam materinya mengatakan, generasi milenial saat ini menempuh dunia pendidikan di perguruan tinggi, harus menguasai skill teknis untuk menghadapi dunia kerja di era digital.

"Kita harus mempersiapkan diri di era digital, caranya generasi millenial perlu memahami skill teknis, dengan memanfaatkan IT, kalau tidak dapat memanfaatkan teknologi, nanti kerjanya yah hanya butuh tindakan manual saja, dengan upah mendekati UMR. Ini bagi individu bagi adek mahasiswa calon sarjana," katanya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS (2014-2015)menuturkan tantangan ekonomi politik. Menurutnya, Mahasiswa harus menyiapkan skill yang dibutuhkan zaman.

Kemudian, lanjut Andrinof A. Chaniago membangun karakter etos kerja, semangat kerja integritas kejujuran networkin dan kemampuan berkomunikasi.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen