Gambar Gubernur Sulsel Janji Bantu UIN Alauddin Bangun Dua Museum

Gubernur Sulsel Janji Bantu UIN Alauddin Bangun Dua Museum

UIN Online - Gubernur Sulawesi Selatan, Dr Syahrul Yasin Limpo SH MH mengatakan bakal membantu Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang akan membangun dua museum.

Pembangunan musem dicanangkan oleh Rektor Universiats Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr Qadir Gassing HT MS, Jumat (11/11/2011) pada perayaan Dies Natalis ke-46 UIN Alauddin.

Kedua museum yang akan dibangun adalah Museum Sulawesi Selatan jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam dan Museum Al-Qur'an jurusan Tafsir Hadis.

"Saya akan bantu untuk mewujudkan kedua museum tersebut. Dengan syarat harus berdasarkan teknologi Informasi yang mendukung. Pak Rektor, nanti kita bicarakan persoalan tersebut," kata Syahrul pada acara Dies Natalis ke-46 di gedung Auditorium Kampus II UIN, Samata, Gowa.

Rektor UIN mengatakan kalau konsep museum tersebut, nantinya bakal menjadi pusat penelitian dan pengkajian tentang Sulsel. Mulai dari orangnya, artefaknya, rajanya, budayanya, dan perkembangan dari masa klasik sampai masa kontemporer.

"Dari perahu pinisi sampai aksara lontara, dan semuanya. Saya khawatir jangan-jangan 25 tahun dari sekarang, orang Gowa harus belajar bahasa dan budaya Makassar ke negeri Belanda. Untuk Pak Gubernur saya ucapakan terima kasih banyak,"katanya.

Sedangkan di museum Al-Qur'an akan berisi tentang koleksi mengenai Al-Qur'an dari yang tradisional sampai modern. Di dalamnya akan terdapat semua yang mengenai Al-Qur'an. (*)

Previous Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar
Next Post Dosen SPI Jadi Pembicara di Majelis Taklim Gowa