Gambar Gelar Kuliah Umum, Prodi Ilmu Politik Hadirkan Praktisi KPU dan Bawaslu Gowa

Gelar Kuliah Umum, Prodi Ilmu Politik Hadirkan Praktisi KPU dan Bawaslu Gowa

UIN Alauddin Online- Prodi Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar kuliah umum Mata Kuliah Tata Kelola Pemilu, berlangsung di LT FUF, Jum'at (21/06/2024).

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gowa. 

Kegiatan ini mengangkat tema "Tekhnologi untuk Transparansi dan Efisiensi Menuju Pilkada Serentak 2024", yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa ilmu politik.

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber Nursalam Samad S Kom M Ikom selaku komisioner KPU Gowa  dan Juanto S S selaku Komisioner Bawaslu Gowa, serta moderator pada kegiatan ini yaitu Syarifuddin yang merupakan mahasiswa prodi ilmu politik.

Juanto dalam materi menjelaskan bahwa, mahasiswa dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan dalam memantau pemilu yang ada di sekitarnya, bahkan pada kelompok terkecil yakni keluarga,

"Mengambil peran dalam mengarahkan orang-orang terdekat atau lingkungan sekitar sebagai strategi dalam mencegah money politik dan berbagai pelanggaran pemilu lainnya," tuturnya.


Selanjutnya, ia juga menegaskan bahwa semua masyarakat harus turut andil dalam mengahdirkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dalam memilih pemimpin masa depan yang lebih baik,

"Mahasiswa dapat melakukan ragam kegiatan selain dialog yakni dengan membentuk komunitas atau organisasi eksternal dalam mendorong masyarakat menjadi bagian dari pengawas pemilu dan teman-teman bisa mendaftarkan lembaganya sebagai pemantau pemilu dengan bekerjasama dengan Bawaslu," ungkapnya.

Previous Post Mahasiswa Prodi Profesi Dokter UIN Alauddin Lulus 100% pada UKMPPD Periode Agustus 2024
Next Post Penyambutan Maba 2024, Kaprodi Kebidanan Haap Setiap Tantangan Dijadikan Batu Loncatan Menuju Kesuks