Gambar FEBI UIN Alauddin Submit Borang Dua Prodi Baru Jenjang Magister

FEBI UIN Alauddin Submit Borang Dua Prodi Baru Jenjang Magister

UIN Alauddin Online - Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin adalah membentuk atau menambah Program Studi (Prodi) pada jenjang magister (S2).

Tepatnya Kamis 18 Agustus 2022, bertempat di Four Points by Sheraton Makassar, pimpinan FEBI dan tim penyusun proposal/borang membuka Program Studi Magister Akuntansi Syariah dan Magister Manajemen Bisnis Syariah.

Didampingi sekretaris LPM, Irwan S Si M Si beserta timnya memandu submit proposal/borang pembukaan program studi magister tersebut.

Awalnya, persiapan dan penyusunan borang beserta dokumen untuk kedua program magister tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun 2021 dan direncanakan untuk submit pada September 2021.

Namun, dengan berbagai pertimbangan strategis, melalui rapim universitas saat itu, memberikan kesempatan untuk melakukan submit borang ini di tahun 2022, tepatnya Agustus ini untuk periode pengusulan September 2022.

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, kedua program magister tersebut banyak diminati di kalangan masyarakat, selain itu kompetensinya juga semakin dibutuhkan di lembaga atau pada entitas syariah, serta semakin antusiasnya lulusan S1 FEBI untuk lanjut studi. 

Adapun pertimbangan lain yaitu kedua program studi magister ini belum ada di luar pulau Jawa, bahkan di pulau Jawa-pun masih sangat terbatas. Sementara itu, SDM (tenaga pendidik dan kependidikan) dan Prasarana di UIN Alauddin, khususnya di FEBI dan Pascasarjana UIN Alauddin sudah sangat mumpuni.

Sebelum submit dilakukan, Pro  Dr H Abustani Ilyas M Ag selaku Dekan FEBI, menyampaikan bahwa keberadaan kedua program magister bidang syariah yang dirintis FEBI ini, nantinya mampu menjawab tantangan zaman, khususnya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik secara keilmuan maupun praktik.

Dalam arahannya, Dekan juga menekankan komitmen kita semua untuk mengantarkan kedua program studi magister ini bisa terealisasi, bahkan lebih jauh lagi menjadikan program studi ini sebagai unggulan.

Previous Post Kebijakan Rektor, Hanya 31 Mahasiswa FEBI UIN Makassar Diwisuda
Next Post Tingkatkan Status Akreditasi, Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Makassar Susun ISK