Gambar Fadel Muhammad: Demo itu Kesalahan Kita

Fadel Muhammad: Demo itu Kesalahan Kita

UIN Online - Demonstrasi yang akhir-akhir ini marak dilakukan mahasiswa Makassar, mendapat tanggapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Dr Ir Fadel Muhammad. Fadel  mengatakan kalau penyebab demontrasi adalah kesalahan pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan Fadel saat memberikan kuliah umum pada Temu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Indonesia Timur yang dilaksanakan di Gedung Training Centre, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, Selasa (14/06/2011) kemarin.

"Jika mereka melakukan demo, itu artinya kesalahan itu bersal dari kita dan kita tidak boleh mencegahnya. Kita harus memperhatikan mereka supaya mereka tidak semakin liar dan anarkis. Semakin ditekan, mereka akan semakin anarkis, " kata Ir Fadel  Muhammad.

Dan, kepada mahasisawa, Fadel menekankan bahwa untuk menjadi seorang leader yang sukses di masa yang akan datang ada dua kunci untuk itu, yakni menyeimbangkan antara kegiatan kokurikuler dan kegiatan nonkokurikuler.

"Demo itu perlu. Mereka butuh komunikasi. Mereka demo karena ada yang salah pada kita. Pada sistem yang kita bangun. Kita butuh mereka untuk terobosan segar," tambahnya.

Prof Dr Qasim Mattar yang turut menjadi panelis pada dialog tersebut, menambahkan bahwa untuk demo berani saja belum cukup akan tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan. "Demonstrasi yang berani dan tidak cerdas itu yang sangat menjengkelkan public. Karena hanya menggangu publik saja," kata Prof Qasim Mattar. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik