Gambar Dua Guru Besar UIN Alauddin Dikukuhkan

Dua Guru Besar UIN Alauddin Dikukuhkan

UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali mengukuhkan guru besarnya. Kali ini dua orang guru besar yang dikukuhkan adalah Prof Dr Usman Jafar MAg dan Prof Dr H Ali Parman MA.

Kegiatan pengukuhan guru besar ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin, Samata Gowa Selasa, (25/10/2011). Dan dipimpin langsung oleh Rektor UIN Alauddin, Prof Dr Qadir Gassing HT MS.

Prof Dr Usman Jafar MAg merupakan guru besar bidang Ilmu Fiqih Syiasah, sedangkan Prof Dr H Ali Parman MA bidang Hukum Islam. Keduanya merupakan guru besar Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin.

Rektor dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengukuhan ini merupakan bentuk penegasan UIN Alauddin dalam jejaknya sebagai lokomotif transformasi intelektual, moral, dan spiritual masyarakat Muslim dalam membangun peradaban Islam Indonesia yang modern dan tercerahkan.

Di samping itu, Prof Qadir juga berharap kehadiran dua guru besar yang dikukuhkan ini dapat lebih mencerahkan "rumah pengetahuan" Alauddin dengan cita dan citra "hallmark" yang melekat pada dirinya.

Prof Dr Usman Jafar MAg menyampaikan pidato pengukuhannya dengan judul Egalitarianisme Dalam Islam (Refleksi Pemikiran atas Hak-hak Politik Minoritas Non-Muslim di Tengah-tengah Mayoritas Muslim).

Sedangkan Prof Dr H Ali Parman MA menyampaikan pidato dengan judul Kemoderatan dalam Hukum Islam (Telaah terhadap Implementasi Ibadah Muamalah yang Bercorak Matematis). Kegiatan ini dihadiri ratusan civitas akademika UIN Alauddin Makassar. (*)

Previous Post Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar Jadi Dewan Hakim di MTQ Nasional ke-30 di Samarinda
Next Post Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Hadapi Standar Internasional dengan Kurikulum OBE