Gambar Dekan FIK: Jabatan adalah Amanah dan Sarana Beribadah

Dekan FIK: Jabatan adalah Amanah dan Sarana Beribadah

UIN Online - Dr dr H Rasyidin Abdullah MPH MHKes resmi dilantik sebagai Dekan Definitif Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (05/10/2011).

Ketika ditemui di ruang kerja barunya usai lepas sambut dekan FIK, Rasyidin mengaku siap menjalankan amanah dan akan bekerja laksana beribadah kepada Allah SWT.

"Ya, saya siap menjalankan amanah ini dan akan melaksanakan tugas sebagai dekan laksana beribadah kepada Allah SWT," ujarnya.

Ketika pertama memasuki ruang kerjanya, Rasyidin Abdullah meminta stafnya untuk mengubah posisi kursi kerjanya menghadap kiblat. Ketika ditanya mengenai alasan mengubah posisi kursi kerja menghadap kiblat. Mantan Direktur Rumah Sakit Kusta Regional KTI ini beralasan bahwa memangku jabatan sebagai dekan laksana beribadah kepada Allah SWT.

"Saya ubah posisinya menghadap kiblat supaya saya selalu melihat bahwa ada yang memberi amanah, dan amanah itu harus saya pertanggung jawabkan pada pemberi kuasa, bukan hanya pada rektor tapi juga kepada maha rektor (Allah Swt)," ujarnya.

Di samping itu, istri Dr Saribumi ini usai acara lepas sambut langsung mengajak para petinggi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK UIN Alauddin untuk berdiskusi di ruangannya. Beliau beranggapan bahwa mahasiswa adalah seorang raja, jadi harus tahu bagaimana cara melayani raja.

"Tujuan mengajak pengurus BEM FIK untuk berdiskusi agar saya bisa mengetahui seperti apa kemauan mahasiswa serta untuk mencari tahu apa kendala yang selama ini dihadapi untuk nantinya dibicarakan bersama untuk mencari solusi," ujarnya.

Lebih lanjut pria kelahiran Sengkang 19 Januari 1953 ini mengatakan bahwa untuk menjadikan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) sebagai fakultas terkemuka, maka perlu dilakukan berbagai terobosan-terobosan sehingga nantinya fakultas ini dapat menjadi fakultas percontohan.

Berbagai tugas baru telah menunggu pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polmas ini, seperti perbaikan kualitas alumni, sistem perkuliahan, kurikulum, serta keteladanan mahasiswa maupun dosen dan pegawai.

Di samping itu ada tugas tambahan dari Rektor UIN Alauddin, Prof Dr HA Qadir Gassing HT MS yaitu percepatan pendirian Fakultas Kedokteran serta Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin.

Biodata Singkat
Nama Lengkap: DR Dr H Rasyidin Abdullah MPH MHKes
NIP: 19530119 19811001 001
Tempat, Tgl Lahir : Sengkang, 19 Januari 1953
Alamat Rumah: Jl Pajaiyang No 35 G, Daya
Istri: Dr Saribumi
Riwayat Pendidikan:
S1 Kedokteran Umum, Universitas Hasanuddin Makassar, Tahun 1981
S2 PHC, MPH Mahidol University Bangkok, Tahun 1992
S3 Ilmu Kedokteran, Universitas Hasanuddin Makassar, Tahun 2006
Pasca Sarjana Hukum Kesehatan, Universitas Hasanuddin Makassar, Tahun 2011

Riwayat Jabatan:
Kepala Puskesmas  Lawawoi Kabupaten Sidrap 1981 - 1987
Kepala Seksi Pengembangan Puskesmas Kanwil Departemen Kesehatan Sulsel 1987 - 1992
Pimpro Pengembangan Puskesmas Kanwil Departemen Kesehatan Sulsel 1987 - 1992
Kepala Dinas Kesehatan Daerah Tingkat II Polmas 1992 - 1999
Kepala Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru Makassar 1999 - 2001
Direktur Rumah Sakit Kusta Regional KTI Makassar 2001 - 2011

Previous Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar
Next Post Dosen SPI Jadi Pembicara di Majelis Taklim Gowa