Gambar Cerita di Balik Pelaksana KKN

Cerita di Balik Pelaksana KKN

UIN Online - Banyak cerita atau pengalaman unik dari para peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar. Saat ini KKN UIN telah berlangsung selama satu bulan terakhir.

Salah seorang peserta KKN, Nur Najemiah Sain, mahasiswa semester VIII Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mengatakan, ada nuansa tersendiri yang baru didapatkannya ketika berbaur dengan masyarakat.

Najemiah yang menempati posko di Desa Langkura, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto ini, menceritakan bahwa selama mengikuti KKN, kebersamaan menjadi hal yang sangat penting.

"Ada nuansa tersendiri berinteraksi dengan masyarakat. Yang serunya itu, waktu makan kelapa ramai-ramai di pinggir sungai bersama dengan anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Rasanya kembali ke masa SMA," ceritanya ketika dihubungi melaui via telepon, Rabu (13/04/2011).

Najemiah dan rekan-rekan seposkonya, memiliki 17 program kerja. Sejauh ini beberapa sudah terlaksana. Di antaranya kegiatan mengajar mulai dari TK-TPA, SD, dan SMA, khutbah Jumat, penyuluhan kesehatan, gotong royong, membuat nomor rumah, pelatihan kasidah, pembinaan remaja, mengajarkan kerajinan tangan untuk anak-anak dan PKK.

Sementara program lainya akan mereka usahakan bisa kelar secepatnya sebelum penarikan dilakukan pihak universitas. "Yang jelas program kami akan kita laksanakan secara keseluruhan," ujarnya optimistis.

Ketika ditanya tingkat kesulitan menghadapi warga, Nur menyatakan tak terlalu banyak halangan. "Hanya ketika hendak memaparkan program kerja, biasanya warga masyarakat masih ada di ladang," pungkasnya. (*)
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran