Gambar Cegah Radikalisme, DEMA UIN Alauddin Makassar Gelar Dialog Anti Radikalisme

Cegah Radikalisme, DEMA UIN Alauddin Makassar Gelar Dialog Anti Radikalisme


UIN Alauddin Online- Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar gelar Dialog Anti Radikalisme dengan tajuk "Memperkokoh Peran Generasi Z dan Milenial Dalam Menangkal Paham Radikalisme", bertempat di Aula FEBI UIN Alauddin Makassar, Jum'at (12/08/2022).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Irjen Pol.Drs.Nana Sujana,MM (Kapolda Sulawesi Selatan), Dr.Dina Yulianti,S.S.,M.S.i (Pakar Geopolitik Timur Tengah), Drs.Zainal Ibrahim,MSI (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar), Dr. Muammar Bakry,L.C.,M.A (Ketua FKPT Sulawesi Selatan).

 Kegiatan ini dibuka  oleh wakil rektor 4 bidang kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar Dr.H.Kamaluddin Abu Nawas,M.Ag. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Radikalisme terjadi karena perbedaan pemahaman keagamaan yang awal mulanya karena persoalan politik yang kemudian berkembang pada pemahaman teologi ,

"Saya sangat mengapresiasi Dema-U yang telah membuat dialog ini, dan tentunya menjadi tanggung jawab yang sangat besar bagi kita semua untuk menyebarkan pengetahuan bagaimana untuk menangkal radikalisme ini sendiri," ungkapnya.

Dina Yulianti selaku pemateri menjelaskan bahwa, radikalisme dan terorisme terjadi karena adanya perbedaan paham secara politik yang kemudian berkembang hingga merasuk pada persoalan politik,

"Persoalan terorisme dan radikalisme perlu dipahami bahwa perluasannya dapat terjadi melalui media sosial yang menyebarkan hate speech, hoaks,dan sebagainya. Selain itu paham ini juga berkembang pesat karena adanya kepentingan geopolitik yang terjadi didunia,"ungkapnya.

Previous Post Kedua Orang Tuanya Telah Meninggal, Wisudawan Terbaik FSH UIN Makassar Bikin Satu Ruangan Terharu
Next Post Dekan Ajak Alumni FSH UIN Makassar Berkontribusi Untuk Agama dan Bangsa