Gambar Buka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama ke LK, WR lll: Terus Suarakan hingga Jadi Kara

Buka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama ke LK, WR lll: Terus Suarakan hingga Jadi Kara


UIN Alauddin Online - Wakil Rektor lll bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Alauddin Makassar, Prof Muhammad Khalifa Mustami membuka langsung kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama bagi Lembaga Kemahasiswaan (LK) di Sultan Alauddin Hotel dan Convention, Selasa 7 Mei 2024.

Prof Khalifa saat membuka kegiatan mengatakan penguatan moderasi beragama ini menjadi kewajiban bagi warga kampus untuk terus di suarakan, terus disosialisasikan hingga pada akhirnya menjadi karakter kampus.

Menurutnya, moderasi beragama ini unsurnya adalah komitmen kebangsaan dalam menjaga keanekaragaman suku, agama, budaya, dan bahasa yang beragama.

"Moderasi Beragama ini menjadi kewajiban bagi warga kampus untuk terus di suarakan, terus di sosialisasikan dan pada akhirnya menjadi karakter kampus," katanya saat membuka kegiatan ini.

Ia mengatakan hal terpenting dari sifat moderat ini adalah komitmen bersama untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan ini.

"Mahasiswa khususnya, moderasi beragama ini adalah salah satu aspeknya adalah anti kekerasan, mahasiswa atau seluruh masyarakat UIN itu tidak boleh menunjukkan sikap-sikap yang mengarah kepada kekerasan yang mengarah ke konflik, serta demonstrasi yang tidak terkendali," pintanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan, Baharuddin, S Ag, M Hum menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan penguatan moderasi beragama kepada Lembaga Kemahasiswaan (LK).

Ia berharap LK sebagai penyambung bagian kemahasiswaan untuk menyampaikan penguatan moderasi beragama ke mahasiswa atau kader lembaganya. Ia menyarankan LK untuk menyelipkan materi bermuatan moderasi beragama di setiap agendanya.

"Kegiatan ini fokus untuk bagaimana melihat khususnya LK untuk melakukan kegiatan sambungan ke kadernya dari kegiatan moderasi beragama hari ini," jelasnya saat memberikan sambutan.

Diketahui, kegiatan ini merupakan program rutin dari Bagian Kemahasiswaan yang menghadirkan empat narasumber diantaranya, Dr Kaswad Sartono, Prof Kamaluddin Abunawas, Dr Abdul Wahid Haddade, Dr Abd Rauf Muhammad Amin yang dilaksanakan selama dua hari terhitung mulai Selasa 7 Mei 2024 dan Rabu 8 Mei 2024.

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa