Gambar Banyak Mahasiswa UIN Sakit Maag

Banyak Mahasiswa UIN Sakit Maag

UIN Online - Mau tahu penyakit yang paling banyak diderita mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar selama mereka kuliah? Tidak salah lagi, penyakit itu adalah maag.

Menurut dokter balai kesehatan UIN Alauddin, dr Nurhira Abdul Kadir, kepada UIN Online, Senin (04/10/2010), setiap pekan bisa mencapai 10 orang mengeluhkan sakit pada perut atau lambungnya.

"Soal pasien, kebanyakan mahasiswa yang datang ke sini. Dan mereka banyak- banyak hanya untuk konsultasi. Kalau untuk penyakit yang paling banyak dialami mahasiswa adalah sakit maag atau lambung," ujar Nurhira.

Menurut Nurhira, gejala sakit maag umumnya, perut terasa perih dan mual. Penyebab dari sakit ini adalah pola makan tidak teratur atau akibat sering terlambat makan.

Sampai saat ini di Indonesia sudah banyak obat-obat sakit maag yang dapat dibeli sendiri. Biasanya kandungan obat adalah antasida dan penghambat asam lambung dalam dosis rendah. Dengan penggunaan sesuai dosis anjuran keamanan obat, ini dapat dijaga.

Selain melayani mahasiswa, pegawai dan dosen, balai kesehatan UIN juga membuka pelayanan untuk umum. Terutama yang ada di seputaran Kampus I UIN. Malah, balai kesehatan menerima ibu-ibu yang ingin suntik KB. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2