Gambar Aminef Tawarkan Beasiswa di UIN

Aminef Tawarkan Beasiswa di UIN

UIN Online - American Indonesian Exchange Fundation (Aminef) mengadakan kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar. Kerja sama itu dalam bentuk pengadaan beasiswa fulbright.

Pihak Aminef menggelar presentasi tentang beasiswa ke Amerika Serikat di hadapan ratusan mahasiwa dan dosen di gedung Rektorat lantai IV UIN Alauddin, kampus II, Samata Gowa Senin, (04/04/2011).

Beasiswa Fulbright menyediakan program-program seperti program gelar (MA dan PhD), lalu Fulbright-Dikti untuk kalangan dosen, program Doctoral Dissertation untuk para mahasiswa program S3 yang sedang dalam tahap penulisan disertasi.

Lalu ada program nir gelar Humphrey untuk mid-career professionals, ILEP untuk para guru SMA, Global Undergraduate program untuk para mahasiswa (semester 2 s/d 5), serta Community College Initiative Program untuk lulusan SMA yang tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Pelamar yang sudah memiliki gelar D1, D2, D3 atau S1 boleh melamar asalkan program studi yang akan diambil berbeda dengan program studi sewaktu kuliah dulu. Program studi yang akan diambil harus sama dengan bidang pekerjaannya saat ini).

Untuk semua program, termasuk program Fulbright-DIKTI, tidak ada keharusan bagi pelamar untuk melampirkan surat penerimaan (letter of admission) dari universitas di Amerika.

"Beasiswa Fulbright dan Humphrey menyediakan biaya untuk perjalanan internasional, dana selama transit perjalanan, biaya hidup, uang sekolah dan biaya belajar, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dana bulanan untuk buku, komputer, dan kegiatan professional," Kata Adelina Widyastuti , senior program Officer yang memprisentasekan program besiswa Fulbright.

Prasyarat minimum untuk melamar program beasiswa Fulbright adalah pelamar harus memiliki kewarganegaraan Indonesia, sudah lulus program sarjana (S1), dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Batasan umur biasanya bukan salah satu prasyarat dalam beasiswa Fulbright.

Pelamar untuk program penelitian/pengajar tamu harus memiliki kewarganegaraan Indonesia, sudah lulus program doktor (S3) atau yang setara dengan kualifikasi pelatihan profesional di bidangnya, sehat jasmani dan rohani dan mahir berbahasa Inggris secara aktif dan pasif. Namun, program Fulbright tidak termasuk di bidang Kedokteran dan tidak diberlakukan di Negara lain kecuali untuk beasiswa ke Amerika.

Info lebih lengkap bisa dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Tapi pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation. Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 15 April 2011.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama UIN Alauddin, Drs Irwanuddin MM menyatakan bahwa ini kali ketiga mengadaka kerjasama untuk beasiswa ke Amerika. Pada tahun 2011 satu orang yang akan diberangkatkan mahasiswa dari Fakultas Adab dan Humaniora sekarang ini lagi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mengurus pisa, tahun 2010 dua orang, dan tahun 2009 juga dari dua orang. Hanya Irwanuddin tidak menyebutnya secara jelas siapa nama peserta-peaerta tersebut. (*)
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran