Gambar Al-Fikr, Jurnal Terakreditasi

Al-Fikr, Jurnal Terakreditasi

UIN Online - Jurnal Al Fikr yang berada di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) kini masuk dalam salah satu jurnal di dalam 15 jurnal di perguruan tinggi UIN Indonesia yang telah mengantongi akreditasi.

Sejalan dengan itu, bagi Anda yang ingin menulis artikel atau jurnal yang telah diakui secara nasional, bisa mengirimkan naskah tulisan Anda ke Jurnal Al Fikr Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Menurut pengelola jurnal, Muhaimin SAg MThI MEd, Senin (10/10/2011), jurnal Al Fikr sudah diakreditasi sejak bulan juli tahun 2010 lalu. Al Fikr telah terbit sebanyak empat kali yakni Agustus 2010, Desember 2010, April 2011, dan Agustus 2011 .

Dan jurnal ini terbit tiga kali dalam satu tahun periode. Hanya saja syaratnya, menurut Muhaimin, lumayan berat karena 60 persen itu untuk umum sementara 40 persen untuk dosen-dosen UIN Alauddin.

"Pembagian jurnal ini dilakukan karena jurnal yang kita hasilkan adalah jurnal nasional yang artinya dibaca oleh orang-orang luar yang bukan hanya warga UIN Alauddin Makassar saja.  Karena setiap penulis kita kirimkan 5 exsampler," kata Muhaimin.

Dalam setiap kali penerbitan jurnal Al Fikr ini di cetak sebanyak 300 exampler yang dikirim keberbagai perpustakaan umum, LIPI dan perpustakaan luar.

"Jurnal Al Fikr ini sudah ada yang memuat tulisan dari Aceh, Lampung, Jogjakarta, Sorong, Ternate, Palu, Gorontalo dan Kalimantan. Ini berarti kita sudah mengililingi Indonesia," ujarnya.

Jurnal Al Fikr ini juga dalam setiap kali terbitannya selalu mengangkat tema-tema tertentu pada edisi tersebut. Adapun syarat yang dipenuhi oleh penulis jika ingin memuat tulisannya di jurnal Al Fikr ini yakni, tidak deskriptif tapi analitis, ada sesuatu yang baru dalam tulisan dan maksimal 15 halaman, minimal 10 halaman perpenulis. (*)

Previous Post Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar Jadi Dewan Hakim di MTQ Nasional ke-30 di Samarinda
Next Post Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Hadapi Standar Internasional dengan Kurikulum OBE