Gambar 447 Mahasiswa Kualifikasi Guru UIN akan KKN

447 Mahasiswa Kualifikasi Guru UIN akan KKN

UIN Online - Sebanyak 447 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dari program kualifikasi guru Raudathul Atfal (RA) dan Madrasah Ibtidayah (MI) bakal berangkat melakukan Kulia Kerja Nyata (KKN).

"Tanggal 7 Mei mereka sudah diberikan pembekalan dan sekaligus pelepasan ke lokasi KKN. Mahasiswa yang mengikuti kuliah wajib ini rata-rata telah menyelesaikan persyaratan untuk mengikuti KKN," kata Ketua Jurusan PAI UIN Alauddin, Dr Susdiyanto, Kamis (5/5).

Mahasiswa program kualifikasi guru RA dan MI tersebut memang tengah menjalani perkuliahan untuk tenaga pengajar guru yang belum mengenyam pendidikan sarjana penuh atau strata I (S1).

Program kualifikasi guru yang ada di Indonesia Timur hanya terdapat di UIN Alauddin Makassar yang masuk dalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

Menurut Dr Susdiyanto M SI, kualifikasi guru terbentuk sejak tahun 2007 yang memiliki mahasiswa sebanyak 450 dengan jumlah alumni 311 mahasiswa. Dan pada angkatan kedua 2009 sebanyak 311 pendaftar dan ditambah 139 mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya.

Mereka yang berada dalam program kualifikasi guru tak ada bedanya dengan mahasiswa regular. "Program kualifikasi guru sama seperti mahasiswa reguler lainnya. Bedanya segala pembiayaannya dibiayai oleh Kementrian Agama," kata Susdiyanto.
   
Pembiayaan itu mulai dari pembayaran SPP, bantuan operasional sampai pada biaya transport. "Selebihnya mahasiswa yang berada pada kualifikasi guru ini sama dengan mahasiswa yang kuliah di program regular," tambahnya.(*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik