Gambar 3 Himpunan Mahasiswa Fakultas Adab Buat Perkampungan Bahasa

3 Himpunan Mahasiswa Fakultas Adab Buat Perkampungan Bahasa

UIN Online - Tiga himpunan mahasiwa jurusan (HMJ) di Fakultar Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan perkampungan dan pelatihan bahasa untuk mahasiswa baru (maba).

Ketiga himpunan itu adalah jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Bahasa dan Sastra Inggris (BSI), dan jurusan Ilmu Perpustakaan (IP). Kegiatanpun dilaksanakan di Benteng Somba Opu, mulai Jumat (23/09/2011) hingga Minggu (25/09/2011).

Menurut Ketua HMJ Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Muh Rijal, kegiatan ini diikuti sekitar 50-an mahasiswa yang terdiri dari 40 orang mahasiswa baru dan 10 lainnya mahasiswa  semester tiga yang belum sempat ikut pada perkampungan bahasa Arab.

"Dalam perkampungan bahasa Arab ini kita lebih mengenalkan kepada adik-adik bagaimana hakekat bahasa Arab itu dan memperkenalkan seluk beluk. Apalagi pada kegiatan ini ada dua jurusan bahasa Arab yakni sastra dan pendidikannya," kata Rijal.

Sementara HMJ Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) UIN, Lukman, mengatakan untuk perkampungan bahasa Inggris diikuti 120 peserta yang semuanya maba. "Selama tiga hari itu, akan diadakan pembelajaran basic grammer, speaking dan ini kita lakukan nonstop," ujarnya.

Beda dengan HMJ BSA dan HMJ BSI, khusus untuk HMJ Ilmu Perpustakaan UIN, selama tiga hari mereka melakukan training keperpustakawan. Perkambungan ini diikuti 125 peserta dari mahasiswa baru.

"Selama tiga hari ini kita adakan training of librarian ship di benteng somba opu, disini kita perkenalkan dasar-dasar dari ilmu perpustakaan itu sendiri yang nantinya akan dibawakan oleh dosen-dosen IP dan mahasiswa," kata Ketua HMJ IP, Laode Rusadi.(*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik