UIN Alauddin Online - Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Alauddin Makassar secara resmi mengumumkan jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) tahun akademik 2021/2022 pada Kamis (5/08/2021) pukul 12.00 WITA, kemarin.
Pengumuman jalur UMM UIN Alauddin Makassar dapat diakses melalui website https://pengumuman-umm.uin-alauddin.ac.id. Selain itu, pengumuman juga dapat dilihat melalui Tabloid Washilah edisi 115.
Sebanyak 2.781 orang Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang terdiri dari 53 Program Studi Strata 1 (S1) dan Diploma dinyatakan diterima pada jalur terakhir itu.
Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Alauddin Dr Hj Yuspiani M Pd mengatakan jumlah pendaftar jalur mandiri tahun ini sebanyak 6.455 orang.
"Program studi paling banyak pendaftarannya itu yang pertama Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 658. Kemudian Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 554 dan terakhir Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak 514 orang," ujarnya.
Selain itu, Ia juga mengatakan Program Studi yang kurang pendaftarnya yakni Studi Agama Agama Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik, Kemudian Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan terakhir Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Lebih lanjut, ia mengingatkan agar calon mahasiswa baru yang diterima melalui Jalur UMM ini mengunggah dokumen-dokumen yang sebenarnya. Jika ditemukan dokumen yang tidak benar, maka kelulusan calon mahasiswa ini dapat dibatalkan.
Bagi Camaba yang dinyatakan "LULUS" pada jalur tersebut, harus melakukan registrasi ulang dengan melengkapi data kelulusan yang dijadwalkan pada 5 sampai 11 Agustus secara online melalui laman http://pmb.uin-alauddin.ac.id.
"Registrasi Ulang itu membuat USER ID dan PASSWORD, kemudian Registrasi Kartu Peserta login menggunakan USER ID dan PASSWORD yang telah dibuat. Tak hanya sampai disitu Mahasiswa harus melakukan registrasi data Camaba, login kembali menggunakan USER ID dan PASSWORD yang telah dibuat," tulis Panitia PMB dalam Surat keterangan tersebut.
Setelah melakukan salah satu rangkaian itu, selanjutnya Camaba mengirimkan berkas biodata diri, pernyataan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditandatangani pada 6 sampai 31 Agustus.
Berkas itu ditujukan kepada Bagian Akademik Lantai 1 Gedung Rektorat, Kampus II UIN Alauddin, Jalan H M Yasin Limpo No 36 Kelurahan Romang Polong Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.
Kemudian, Mahasiswa akan mendapatkan nomor registrasi UKT pada 13-15 Agustus login kembali menggunakan USER ID dan PASSWORD yang telah dibuat melalui laman pmb.uin-alauddin.ac.id. Setelah itu melakukan pembayaran UKT 13 hingga 17 Agustus pada Bank BNI seluruh Indonesia.
Selanjutnya, pendistribusian NIM pada 18-23 Agustus melalui pmb.uin-alauddin.ac.id menggunakan user id dan password yang telah dibuat. Terakhir Mahasiswa melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) pada 20-23 Agustus melalui portalakademik.uin-alauddin.ac.id menggunakan NIM dan password dari Universitas.