Gambar 217 Maba FUF UIN Alauddin Ikut Kuliah Perdana

217 Maba FUF UIN Alauddin Ikut Kuliah Perdana

UIN Online - Sebanyak 217 mahasiswa baru (maba) Fakultas Usuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin mengikuti acara kuliah perdana yang diglar di gedung FUF lantai tiga Rabu (08/09/2011).

Acara kuliah perdana yang dibawakan oleh salah seorang dosen Filsafat Agama FUF UIN Alauddin Makassar Dr H Nurman Said M A ini dihadiri oleh rektor UIN Alauddin Makassar Prof Dr H A Qadir Gassing HT MS, para pembantu rektor, dekan FUF Prof Dr Arifuddin Akhmad MAg, para pembatu dekan, dosen dan pengurus badan eksekutif mahasiswa FUF.

Adapun materi kuliah yang dibawakan Dr Nurman adalah Signifikansi ilmu-ilmu keushuluddinan dan Filsafat di Era globalisasi. "Ada beberapa alasan  mengapa Ilmu-ilmu Keushuluddinan dan Filsafat penting untuk dipelajari," kata Nurman.

"Di antaranya adalah untuk memahami pokok-pokok agama yang mutlak bagi setiap penganut agama, keimanan (Aqidah) semakin kuat jika didukung oleh dalil-dalil rasional (Filsafat, kemampuan menjelaskan pokok-pokok ajaran Islam secara rasional dapat menjadi daya tarik yang sangat kuat untuk menunjukkan keutamaan ajaran Islam sebagai agama yang sempurna, paparnya," tambahnya.

Selain memaparkan alasan pentingnya mempelajari ilmu Keushuluddinan dan Filsaf Dr Nurman juga memaparkan  beberapa kajian utama FUF yaitu Aqidah Filsafat dan Tafsir-Hadis menekankan kajian agama (Islam) sebagai model for reality.

Kemudian perbandingan Agama dan Sosiologi Agama menekankan kajian agama sebagai model of reality, Pemikiran Politik menekankan pada kajian agama sebagai hasil persinggungan antara agama sebagai model for reality di satu sisi dengan model of reality di sisi yang lain.

Usai mengikuti kuliah umum, para maba FUF UIN Alauddin Makassar juga mengikuti  beberapa materi pengenalan kampus yang dibawakan oleh para dekan, para pembantu dekan FUF, dan juga BEM fakultas. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik