Gambar Sanusi Baco Dapat Gelar Dr Hc

Sanusi Baco Dapat Gelar Dr Hc

UIN Online  - Penghargaan ini, sebagai amanah ilmiah sekaligus saya mohon doa restunya, agar amanah ilmiah ini saya dapat realisasikan dalam bentuk amanah ilmiah. Hal ini diungkapkan oleh AGH Sanusi Baco Lc, saat diberi penganugrahan gelar Doctor Honoris Causa (Dr Hc) kepadanya, Kamis (20/12/2012).

“Pada saat ini problema yang paling besar pada abad ini bukan lagi problem ilmu, tapi lebih kepada banyaknya orang pintar yang tidak mampu melaksanakan apa yang mereka ketahui,” ujar oleh AGH Sanusi Baco Lc membacakan pidatoya yang berjudul dasar-dasar pembinaan hukum Islam dan penerapannya menurut Al Quran.

 AGH Sanusi Baco Lc, mengatakan dalam pidatonya bahwa Al Quran dan metode pembinaan dan penerapan hukum dalam Al Quran menambah bukti bahwa Al Quran adalah Kalam Allah SWT yang sangat memahami kondisi, realitas dan kebutuhan manusia.

“Gaya bahasa hukum Al Quran yang cenderung tampil dengan prinsip-prinsp dasar , tidak tampil secara rinci dan detail. Hal inilah, membuat Al Quran menjadi sumber utama dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia tanpa batas ruang dan waktu,” terang Alumni Pesantren DDI Mangkoso ini.

 AGH Sanusi Baco juga menambahkan,  pesan hukum yang di bawa oleh Al Quran disampaikan dengan santun, elegan dan diplomatis. Dari sudut ini dapat dipahami, Al Quran hadir untuk menggugah kesadaran intelektual manusia yang sangat tinggi dalam memahami realitas hidup manusia, termasuk dalam hal pembinaan penerapan hukum Islam.

Previous Post Rektor UIN Sunan Kalijaga Beri Tauziah Pada Acara Buka Puasa Bersama UIN Makassar
Next Post UIN Alauddin Makassar Gelar Buka Puasa Bersama