Gambar WD I FSH Jadi Narasumber Pada Intensif Kelas Riset LDRH

WD I FSH Jadi Narasumber Pada Intensif Kelas Riset LDRH

UIN Alauddin Online - Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Rahman Syamsuddin menjadi narasumber pada kegiatan Intensif Kelas Riset yang diadakan oleh Lembaga Debat dan Riset Hukum (LDRH) UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan yang bertajuk “Research Forge: Crafting Scholarly Excellence” itu, diadakan di LT FSH, Jum’at 28 Juni 2024.

Selain Dr Rahman, terdapat pula dua narasumber lainnya, yakni Dosen Hukum Tata Negara UIN Sofyan dan Reviewer Penelitian Publikasi Dan PKM Perguruan Tinggi Kemenag RI Fahmi Gunawan.

Kelas riset tersebut merupakan program kerja tahunan, namun tahun ini lebih spesifik pada kepenulisn KTI dan publikasi jurnal.

Pada saat memaparkan materinya, Dr Rahman menyampaikan beberapa prosedur penulisan jurnal yang seringkali masih kurang dipahami oleh kebanyakan mahasiswa.

"Padahal penulisan seharusnya beranjak dari latar belakang masalah, bukan fokus pada judul tanpa adanya masalah," ucapnya 

“Saya bahkan membiayai mahasiswa bimbingan saya jika jurnalnya layak untuk diterbitkan, jadi itulah gunanya buku referensi,” tambahnya.

Sehubungan dengan itu, Sri Rejeki Asri selaku Ketua Umum LDRH berharap kampus dapat menjadi wadah yang betul-betul memfasilitasi mahasiswa dalam penelitian. 

Menurutnya, banyak mahasiswa yang berminat dalam kepenulisan khususnya jurnal, namun terhambat masalah biaya.

“Karena hal ini juga berdampak pada akreditasi kampus dan kualitas mahasiswa itu sendiri, dan mahasiswa memang perlu untuk dibekali dan didukung dengan kemampuan riset,” Ia mengakhiri.

Previous Post Ghina Mufidah, Mahasiswa PMH UIN Makassar Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an
Next Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja