Gambar UKM Seni Budaya eSA Buka Pendaftaran Eksibanat ke XXIII

UKM Seni Budaya eSA Buka Pendaftaran Eksibanat ke XXIII

UIN Alauddin Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Budaya (SB) eSA kembali membuka pendaftaran calon anggota baru pada seleksi Bakat dan Minat (Eksibanat) ke XXIII dengan mengusung tema Exodus Art.

Perekrutan yang telah dibuka pada Minggu, 6 Juni lalu tersebut akan berlangsung selama dua pekan, tepatnya pada minggu 20 Juni 2021 mendatang.

Eksibanat ini terbagi dalam tiga tahapan. Pertama pendaftaran pada 6-20 Juni, dilanjutkan dengan workshop pada 21-9 Juli dan ditutup dengan pementasan yang akan digelar September.

"Dan semua tahapan pendaftarannya diadakan secara online. Calon peserta bisa mengakses link di https://qrco.de/bcAkMa," tutur Ketua Umum SB eSA Muhammad Ruslan Raji, Rabu (9/6/2021).

Adapun cabang seni peminatan yang ditawarkan ada delapan, diantaranya Musik, Sastra, Tari, Teater, Vokal, Tilawah, Sinematografi, dan Rupa.

Mengenai tema Exodus Art, Ruslan menjelaskan, Exodus berasal dari bahasa Inggris, dalam Kamus Oxford, Exodus diartikan sebagai keberangkatan atau perpindahan orang dalam jumlah banyak. 

Exodus memiliki arti Eksodus dalam KBBI, diartikan perbuatan meninggalkan tempat secara besar-besaran, perpindahan ber-anonim hijrah.

"Sementara kata Art artinya seni atau cara, ekspresi, kesanggupan menciptakan sesuatu bernilai tinggi," paparnya.

Dengan demikian sambung dia, Exodus Art merupakan suatu konsep pembenahan diri atau meninggalkan sesuatu hal buruk melalui kesenian, seni berhijrah atau cara berhijrah.

"Mengapa demikian? Hijrah diartikan sebagai perpindahan atau meninggalkan yang dalam pelaksanaanya ialah dengan cara hijrah Makaniyah atau perpindahan fisik dan Ma'nawiyah atau menuju ke hal-hal yang lebih baik. Darinya itu EXodus Art menjadi suatu konsep revolusi diri melalui pendekatan kesenian," tutupnya.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama dengan UKI Toraja
Next Post UIN Alauddin Tingkatkan Kerjasama dengan Australian Volunteer Program