Gambar Pusat Bahasa UIN Makassar Berpartisipasi dalam Workshop Penulisan Artikel Jurnal di IAIN Pare-Pare

Pusat Bahasa UIN Makassar Berpartisipasi dalam Workshop Penulisan Artikel Jurnal di IAIN Pare-Pare

UIN Alauddin Online – UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar turut ambil bagian dalam Workshop Academic Writing: Penulisan Artikel Jurnal Bahasa Arab yang diadakan oleh UPT. Bahasa IAIN Parepare. 

Acara yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Lt.5 IAIN Parepare ini menghadirkan Prof. Dr. H. M. Abdul Hamid, M.A., selaku Kepala Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) PTKIN Se-Indonesia sebagai pembicara utama.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag., membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas penulisan akademik bagi para dosen Bahasa Arab. 

Kepala UPT. Bahasa IAIN Parepare, Hj. Nurhamdah, M.Pd didampingi Ketua Pelaksana, Dr. Kaharuddin Ramli, M.Pd.I., mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir. 

Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi para dosen untuk mempublikasikan artikel mereka di jurnal yang terindeks Sinta, atau bahkan di jurnal internasional yang terindeks Scopus.

“Terima kasih telah mengindahkan undangan kami. Semoga dengan kegiatan ini, para dosen Bahasa Arab di lingkup PTKIN Indonesia Timur dapat tercerahkan dan semakin bersemangat untuk mempublikasikan tulisan-tulisan mereka di Scopus atau paling tidak di jurnal yang terindeks Sinta,” ujar Nurhamdah.

Salah satu peserta yang turut memberikan kontribusi signifikan adalah Alfikri Rausen Aditya, M.Hum., dari UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar. 

Ia berpartisipasi dalam pendampingan penulisan sekaligus mempresentasikan artikel berjudul "Kritik Sosial pada Puisi Thubuulul Harb Karya Anis Chouchene (Semiotika Roland Barthes)." Artikel tersebut diharapkan dapat dipublikasikan di jurnal Sinta 3, sebagai bagian dari usaha akademik untuk memenuhi salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu penelitian.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan keilmuan di bidang Bahasa Arab, khususnya di kawasan Indonesia Timur, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi akademik dari para dosen PTKIN.

Previous Post Optimis Akreditasi Unggul, Prodi Jurnalistik Laksanakan Karantina Borang
Next Post Prodi Keperawatan Adakan Kuliah Pakar Bahas Peran dan Kompetensi Perawat K3 di Perusahaan