Gambar Transformasi Digital Mendorong Usaha Lokal GenBI UIN Makassar Seminar UMKM Go

Transformasi Digital Mendorong Usaha Lokal GenBI UIN Makassar Seminar UMKM Go

UIN Alauddin Online- Dalam rangka mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasi digital, sebuah seminar transformatif sukses digelar di Bulukumba, Kabupaten Bulukumba.

 Acara ini menjadi sorotan dengan kehadiran antusias para pelaku UMKM yang memperlihatkan beragam produk inovatif mereka. Sabtu (09/12/2023).

Seminar ini berfokus pada tiga topik strategis antara lain, Pengembangan Strategi Pertumbuhan Bisnis, Strategi Pemasaran Digital, dan Sosialisasi Qris sebagai Alternatif Pembayaran yang Praktis.

Menurut Rian Haeruddin selaku Ketua Panitia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM di Bulukumba ,

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan UMKM di Bulukumba, Kabupaten Bulukumba, khususnya dalam penerapan teknologi digital," ujarnya 

Salah satu momen penting dalam seminar ini adalah hadirnya beberapa narasumber, diantaranya adalah kehadiran Rafdy Hifdurrahman, selaku Manajer Fungsi Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif & Syariah Bank Indonesia Sulawesi Selatan. 

Dalam paparannya, Rafdy memperkenalkan peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas nilai rupiah, sistem pembayaran, serta peranannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Beliau menegaskan kontribusi vital UMKM dalam memperkuat perekonomian Indonesia.

Andi Ridwan Halmin, S.Sos, Camat Bulukumpa, yang turut membuka acara ini, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan oleh program deputi kewirausahaan.

Pemerintah Kecamatan Bulukumpa telah secara aktif melakukan pemantauan dan pencatatan terhadap perkembangan serta jumlah UMKM di wilayah ini, bahkan telah mengadakan berbagai kegiatan pembimbingan UMKM,

 "Kami mendorong UMKM lokal untuk berinovasi dan menyesuaikan diri dengan tren digital guna memajukan bisnis mereka secara berkelanjutan, dengan kesadaran akan tantangan dan keberhasilan dalam berwirausaha," ungkapnya.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen