Gambar Tingkatkan Kualitas Jurnal, Puslitpen LP2M Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Tingkatkan Kualitas Jurnal, Puslitpen LP2M Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

UIN Alauddin Online- Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi di Sultan Alauddin Hotel & Convention Makassar, Selasa, 9 Juli 2024.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, terhitung sejak Selasa 9 Juli 2024 hingga Rabu 10 Juli 2024 yang menyasar dosen, peneliti, dan pengelola jurnal sebagai peserta pelatihan.

Workshop ini menghadirkan narasumber utama, Ahli penulisan artikel ilmiah, Prof Ir Andi Dirpan dan di hadiri Wakil Rektor l, Prof Kamaluddin Abunawas serta di buka langsung oleh sekretaris LP2M Prof Andi Marjuni

Dalam sambutannya, Prof Andi Marjuni menekankan pentingnya peningkatan kualitas artikel ilmiah sebagai salah satu cara untuk mencapai pengakuan internasional.

"Workshop ini penting agar dosen-dosen lebih banyak yang menulis di jurnal bereputasi," ujarnya.

Ia menyampaikan Inti dari kegiatan ini bagaimana meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kesejahteraan dosen. Menurutnya nafas perguruan tinggi ada pada pendidikan dan penelitian.

"Dengan pelatihan ini, peserta akan menerima berbagai materi dan latihan praktis terkait penulisan artikel ilmiah selama dua hari," katanya.

Sementara itu, Prof Andi Dirpan memberikan tips dan trik dalam menulis artikel yang berkualitas, mulai dari pemilihan topik, metode penelitian, penulisan abstrak, hingga penyusunan daftar pustaka sesuai standar internasional.

"Kualitas artikel ilmiah sangat dipengaruhi oleh struktur penulisan dan kesesuaian dengan pedoman jurnal yang dituju," paparnya.

Prof Dirpan mengatakan melalui workshop ini, ia memberikan panduan lengkap agar para peneliti dapat menghasilkan artikel yang siap diajukan ke jurnal bereputasi.

Previous Post Ramah Tamah FAH UIN Alauddin, Dekan Minta Alumni Kontribusikan Ilmu kepada Masyarakat
Next Post Teliti Peran Literasi Kitab Kuning, Dosen BSA Lakukan Penelitian di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo