Gambar Sosialisasi Beasiswa LPDP, WR I UIN Makassar Harapkan Lebih Banyak Alumni Bersaing

Sosialisasi Beasiswa LPDP, WR I UIN Makassar Harapkan Lebih Banyak Alumni Bersaing

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sosialisasi Beasiswa LPDP tahap II 2024, yang berlangsung di Gedung Rektorat Lt.4 pada Senin, (24/06/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh awardee beasiswa LPDP, mahasiswa, dosen dan pimpinan UIN Alauddin Makassar. Sosialisasi ini dilakukan secara hybrid (online melalui zoom meeting) dan offline, dengan total peserta offline 100 orang dan online 200 orang.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh wakil rektor I UIN Alauddin Makassar, Prof AG H Kamaluddin Abu Nawas M A yang dalam sambutannya menegaskan bahwa seharusnya dengan banyaknya prodi UIN yang telah berakreditasi unggul harusnya peserta LPDP juga sudah maksimal.

"Jadi melalui sosialisasi ini para alumni harusnya banyak bergabung di UIN Alauddin Makassar sebagai bagian dari LPDP, dan kami berharap adik-adik mahasiswa sekalian dapat berhasil dalam memperebutkan beasiswa dan mendapatkan kesempatan melanjutkan jenjang studi," tegasnya.

Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Prof Dr H Abustani Ilyas M Ag, menjelaskan bahwa melalui sosialisasi LPDP ini dapat memotivasi mahasiswa dalam rangka menambah wawasan, menambah ilmu, dan menambah gelar,

"Tentu kegiatan ini menjadi peluang bagi mahasiswa untuk menggapai beasiswa LPDP, dan kami berharap kedepannya dibuka kuota untuk tiap prodi agar kami dapat lebih mudah dalam mengelola para penerima beasiswa LPDP terkhusus di kampus UIN Alauddin Makassar," ungkapnya.

Selain itu ia juga berharap agar kedepannya melalui kesempatan ini pihak LPDP dapat memberikan kebijakan pengelolaan bersama dengan pelaksanaan akademik di masing-masing perguruan tinggi,

"Agar akademik mahasiswa penerima beasiswa LPDP dapat berjalan beriringan dengan para mahasiswa lainnya yang non beasiswa, agar memudahkan juga bagi kami dalam mengkoordinir dan mengelolahnya," harapnya.

Selanjutnya Direktur Beasiswa LPDP, Ir Dwi Larso M SIE Ph D, dalam sambutannya melalui zoom meeting menjelaskan bahwa LPDP akan terus berinovasi dengan program-program yang telah disiapkan,

"Tahun 2024 ini LPDP telah meluncurkan beberapa program prioritas yang bekerjasama dengan perguruan tinggi diluar negeri dan dalam negeri," tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa alumni UIN Alauddin Makassar masih terbilang sangat sedikit yang menjadi awardee beasiswa LPDP,

"Yakni dalam catatan kami hanya sekitar 14 orang tentu melalui sosialisasi ini kami berharap untuk membuka jalan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang ingin melanjutkan studi S2 maupun program doktor," ungkapnya.

Selanjutnya, Abid Ash-Shiddiqiy Lc M Hum, selaku Lurah LPDP Kemenag UIN sekaligus penyelenggara kegiatan sosialisasi berharap melalui kegiatan ini lebih banyak mahasiswa dan dosen muda yang memperoleh manfaat program strategis tersebut.

"Terutama dalam rangka meningkatkan kualitas mutu dan kualitas akses, adapun jumlah awardee BIB saat ini 49 orang dan melalui sosialisasi ini kami berharap tahun ini lebih banyak alumni yang menjadi awardee, apalagi kampus kita sudah terakreditasi unggul baik dari segi layanan, fasilitas, dan SDM," jelas Abdi dalam sambutannya.

Previous Post Ghina Mufidah, Mahasiswa PMH UIN Makassar Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an
Next Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja