UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sidang Promosi Doktor oleh Hasbullah SE M Si di LT Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Selasa 9 Juli 2024.
Promovendus berhasil meraih gelar Doktor (S3) Konsentrasi Ekonomi Islam , setelah mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Penerapan Nilai-Nilai Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah dengan Keputusan Menabung Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Sulawesi Barat.
Pada pemaparannya, Dr Hasbullah mengatakan, penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, reputasi perusahaan dan penerapan nilai-nilai syariah terhadap kepuasa nasabah pada Bank Syariah dengan keputusan menabung sebagai variabel intervening.
Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, dan penerapan nilai-nilai syariah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah.
"Dalam mengukur tingkat kepuasan tersebut, terdapat 11 indikator yaitu 1. Value price relationship, 2. Product quality, benefit, features, design, reliability and consistency, 3. Range of product or service, 4. Guarantee or warranty, 5. Delivery, 6. Complain handling, 7. Resolution of problem, 8. Courtesy, 9. Communication, 10. Ease or convenience acquisitions, 11. Company reputation, and competence," jelasnya.
Pria asal mamuju itu pun menuturkan, secara praktis riset ini berkontribusi dalam meningkatkan kepuasan nasabah dalam menggunakan produk-produk Bank Syariah melalui kualitas pelayanan, reputasi perusahaan yang baik serta penerapan nilai-nilai syariah yang lebih efektif.
"Kualitas pelayanan menekankan perlunya meningkatkan efektivitas keberhasilan dalam memotivasi nasabah untuk menggunakan Bank Syariah," Ia mengakhiri.