Gambar Sidang Promosi Doktor Andi Aco Agus Kaji Implementasi Sekolah Ramah Anak

Sidang Promosi Doktor Andi Aco Agus Kaji Implementasi Sekolah Ramah Anak

UIN Alauddin Online - UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh Drs Andi Aco Agus SH M Pd, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG), Selasa 20 Agustus 2024.

Promovendus berhasil meraih gelar Doktor (S3) usai mempresentasikan disertasi berjudul "Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 3 Makassar"

Dr Agus mengatakan, pelaksanaan sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar menggunakan lima strategi yaitu membuat kebijakan dalam internal sekolah berdasarkan pedoman sekolah ramah anak dari pusat, memberdayakan guru untuk menjadi fasilitator, melibatkan organisasi kesiswaan intra dan mendorong peserta didik ikut kegiatan ekstrakurikuler, mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran di sekolah, dan mengevaluasi ketercapaian pelaksanaan sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter peserta didik serta tindak lanjut perbaikan.

"Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa program tersebut dilaksanakan dengan pila program pembelajaran yang berbasis pada kurikulum sekolah dan melibatkan seluruh komponen pembelajaran dan komponen sekolah," ucapnya.

Ia pun menuturkan, dalam pelaksanaan program sekolah ramah anak, terdapat faktor pendukung dan penghambat yang ditemui.

"Faktor pendukung yaitu adanya komitmen warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan akademik di luar kelas, kerja sama dengan pihak terkait serta dukungan orang tua peserta didik yang baik. Sedangkan Faktor penghambat yakni pelatihan sekolah ramah anak yang belum merata, evaluasi program sekolah ramah anak yang tidak berjalan secara berkelanjutan, keterbatasan anggaran, dan guru kurang beradaptasi terhadap perubahan kebijakan kurikulum," tuturnya.

Pria asal Wajo itu berharap, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pengelola pendidikan sebagai bagian dari program strategis berkelanjutan.

"Terciptanya disiplin positif, suasana pendidikan pembelajaran yang kondusif, tingkat keamanan dan kenyamanan di sekolah lebih baik, partisipasi anak, pengembangan karakter dan keterampilan sosial, pemenuhan anak anak, dukungan dari orang tua serta mendukung peningkatan mutu satuan pendidikan sehingga peserta didik terlayani kebutuhan dasarnya," Ia mengakhiri.

Previous Post Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Bahas Literasi Digital pada Pengabdian Masyarakat di SMK Pratin
Next Post Tim Akuntansi UIN Alauddin Makassar Raih Juara 1 dan 3 pada DIGIBIZ Business Plan Competition