Gambar Seminar Nasional Ekonomi Islam UIN Alauddin Bicara Generasi Pandai Sadar Investasi

Seminar Nasional Ekonomi Islam UIN Alauddin Bicara Generasi Pandai Sadar Investasi

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar menggelar Seminar Nasional bertajuk "Generasi Pandai, Generasi Sadar Investasi" di Aula Fakultas pada Jumat 28 Juni 2024.

Kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi dengan Pegadaian Syariah Hasanuddin Gowa ini menghadirkan dua narasumber utama, diantaranya Hardsal Rahman SE MM yang merupakan Kepala Cabang Pegadaian Syariah Hasanuddin Gowa dan Dr. Rahman Ambo Masse Lc M Ag yang merupakan Wakil Dekan I Bidang Akademik FEBI UIN Alauddin Makassar.

Selain itu Dr Amiruddin K M E I selaku Dekan FEBI UIN Alauddin Makassar juga hadir sebagai pembicara kunci. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Muslihati SE I  M E I yang merupakan salah satu dosen Prodi Ekonomi Islam.

Pada kegiatan tersebut, Dr Rahman Ambo Masse menyoroti pentingnya pemahaman investasi bagi generasi muda, terutama mahasiswa.

Ia memaparkan data demografis Indonesia, di mana pada tahun 2020, populasi usia produktif mencapai 183,5 juta jiwa, dengan 46% di antaranya adalah generasi milenial.

"Mahasiswa saat ini berada di era bonus demografi, karena itu perlu pemahaman yang lebih tentang investasi, instrumen investasi, serta teknik memilih instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip muamalah," ujarnya.

Sementara itu, Hardsal Rahman menjelaskan perluasan fungsi Pegadaian Syariah. Pegadaian kini menurut dia, tidak hanya sebagai media untuk menggadai.

"Tetapi juga menjadi sarana menabung atau berinvestasi emas, serta lembaga pembiayaan modal kerja dengan jaminan emas," tuturnya.

Ia menekankan pentingnya investasi emas bagi generasi milenial dan Gen Z sebagai upaya melindungi nilai uang dari penurunan daya beli.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan MoU antara Pegadaian Syariah Hasanuddin Gowa dan FEBI UIN Alauddin Makassar, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pertukaran cendera mata antara kedua lembaga.

Previous Post Ghina Mufidah, Mahasiswa PMH UIN Makassar Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an
Next Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja