Gambar Prodi Profesi Dokter UIN Alauddin Gelar Seminar Clinical Based Practice

Prodi Profesi Dokter UIN Alauddin Gelar Seminar Clinical Based Practice

UIN Alauddin Online - Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin telah memasuki tahun ke II dalam dunia pendidikan kedokteran nasional untuk menghasilkan dokter muslim yang memenuhi standar kompetensi dokter di Indonesia.

Salah satu hal penting dalam pendidikan kedokteran adalah penyerapan ilmu pengetahuan mahasiswa yang sesuai standar kompetensi yang ada pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012.

Untuk mengukur kemampuan mahasiswa tersebut, ujian Computer-based Test (CBT) Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dilaksanakan sebagai salah satu bentuk evaluasi tahap akhir dalam proses kepaniteraan klinik.

Sebagai salah satu bentuk proses pembelajaran, kegiatan kepaniteraan klinik juga harus mampu mewadahi mahasiswa dalam mendapatkan penjelasan dan latihan memahami dan menjawab soal-soal yang kemungkinan besar akan dihadapi pada saat UKMPPD.

Clinical Based Practice (CBP) Seminar telah dilaksanakan oleh Program Studi Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin secara daring pada Sabtu siang setiap pekan sepanjang semester. 

Kegiatan seminar ini telah dilakukan sejak kepaniteraan klinik dimulai pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 yakni pada bulan Mei 2020 hingga saat ini di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.

Selain dihadiri oleh narasumber dan peserta yakni mahasiswa kepaniteraan klinik, kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen-dosen program studi dan wahana pendidikan sebagai salah satu bentuk media pembelajaran seumur hidup bagi para dokter.

Setiap pekan, kegiatan ini dibawakan oleh salah satu departemen yang ada dalam siklus kepaniteraan klinik dengan menghadirkan narasumber yang merupakan Dosen Pendidik Klinik (DPK) baik dari program studi maupun wahana pendidikan.

Dalam kegiatan ini, narasumber akan memaparkan beberapa topik penyakit dengan kompetensi 2 hingga 4A dari SKDI 2012 secara ringkas kemudian dilanjutkan dengan diskusi pembahasan soal-soal UKDI/UKMPPD bersama dengan mahasiswa.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk menghadirkan Dosen Pendidik Klinik untuk memberikan penyegaran kembali terkait teori-teori topik yang berkenaan dengan tahap profesi dokter pada departemen yang telah dilalui sesuai siklus berjalan, serta memberikan gambaran bentuk soal pelatihan dalam memahami soal, dan pembahasan soal-soal UKMPPD kepada mahasiswa kepaniteraan klinik," kata salah seorang DPK, dr Saraswati W Hartono Sp PK.

Hal senada disampaikan dosen institusi yang menjadi narasumber,
dr Dewi Setiawati Sp OG M Kes berharap, kegiatan ini sedikit banyak dapat membantu mahasiswa kelak ketika mengikuti UKMMPD setelah menyelesaikan tahap Pendidikan di wahana Pendidikan selama tahap kepaniteraan klinik.

"Dengan diadakannya kegiatan ini setiap pekan secara rutin, diharapkan agar mahasiswa lebih siap menghadapi UKMPPD nantinya dan capaian kompetensi berdasarkan SKDI 2012 bagi lulusan profesi dokter dapat dipenuhi secara maksimal," paparnya.

Previous Post 700 Mahasiswa FTK UIN Alauddin Ikuti Pembekalan PLP 2 Daring, Dekan FTK Berikan Pesan Penting
Next Post UKM LIMA Washilah UIN Alauddin Kerjasama MAN Enrekang Adakan Pelatihan Jurnalistik