Gambar Prodi BSI Fak. Adab dan Humaniora Gelar Webinar Nasional  dan Enlite Fest 2020

Prodi BSI Fak. Adab dan Humaniora Gelar Webinar Nasional dan Enlite Fest 2020

 

UIN Online - Prodi Bahasa dan Sastera Inggris Fak. Adab dan Humaniora menggelar webinar nasional  dan Enlite Fest 2020. Dalam sambutan pada seminar yang dilakukan melalui tiga media sekaligus yaitu Zoom, FACEBOOK dan You Tube, DR. Hasyim Haddade, M. Ag., sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara yang terdiri dari para dosen sastra Inggris pada fakultas Adab dan Humaniora, para mahasiswa dan alumni. Selain itu, beliau mengapresiasi kesediaan seluruh pembicara, dan seluruh peserta yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Dekan mengatakan bahwa kegiatan seminar  seperti ini sangat berkontribusi positif bagi fakultas, terutama bagi prodi BSI yang tengah menyusun borang akreditasi dengan 9 kriteria. Dekan menambahkan bahwa situasi  yang tengah dihadapi dimasa pandemik bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik semisal seminar. Sebab hal tersebut sangat memungkinkan dilakukan secara virtual (daring).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 9 s/d 10 juli 2020. Tidak kurang dari 300 orang mendaftar sebagai peserta pada seminar online ini. Turut memberikan materi pada seminar di hari pertama adalah Dorothea Rosa Harliany (Stiching Poet of all nation, Netherlands, 2014), dan Aan Mansur (Penulis sajak di Film Ada Apa dengan Cinta 2. Sedangkan sebagai presenter di hari ke 2 adalah Umar Tamrin (Dosen sastra pada prodi BSI Fak. Adab dan Humaniora UIN Alauddin  Makassar yang menyajikan materinya berkaitan dengan Islam dan Budaya Lokal di Dunia Virtual), juga hadir sebagai pembicara dihari ke 2 adalah Yola (Dosen sekaligus praktisi sastra).

Tak kalah menariknya dalam kegiatan seminar online ini adalah kehadiran dan penampilan spesial seorang komika wanita Indonesia pertama yang berhijab, Sakdiyah Ma’ruf. Komika wanita yang akrab dipanggil Diyah ini termasuk salah satu di antara 100 wanita yang paling inspiratif dan berpengaruh di dunia versi BBC, tahun 2018 dan beliau menempati urutan ke-54.

Kegiatan seminar ini menjadi pembuka sekaligus pengantar untuk pemutaran karya-karya sastra yg digarap sendiri oleh mahasiswa sastra Inggris Angkatan 2018 dalam bentuk puisi, drama dan cerpen dari daerah mereka masing-masing dikarenakan situasi belajar di rumah (SFH) di masa pandemi ini.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa memberi inspirasi bahwa berkarya tidak terikat oleh ruang dan waktu.

Previous Post UKM Tapak Suci Raih Juara Harapan 2 pada Festival Pencak Silat se-SulSel
Next Post Pandemi Covid-19 Tak Halangi Mahasiswa Jurusan Kimia UIN Alauddin Raih Prestasi