Gambar Pelatihan Fun Teaching Mahasiswa KKN UIN kolaborasi 1000 Guru Sulsel  dan RuBi

Pelatihan Fun Teaching Mahasiswa KKN UIN kolaborasi 1000 Guru Sulsel dan RuBi

UIN Online - Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Angkatan 61 Kecamatan Sinjai Borong berkolaborasi dengan Yayasan 1000 Guru Sulawesi Selatan dan Ruang Berbagi Ilmu (RuBi) melaksanakan kegiatan Kelas Cita – Cita dan Pelatihan Fun Teaching untuk guru sekolah dasar se-kecamatan Sinjai Borong pada tanggal 11 Januari 2020.

Kelas cita – cita kali ini diikuti oleh 84 murid SDN 89 Dusun Bontoe. Mereka sangat bersemangat untuk mendengarkan inspirasi dari para relawan pengajar yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Selain itu, hadirnya mahasiswa/i beralmamater hijau menambah keseruan kelas apalagi ketika salah satu mahasiswi UIN Alauddin Makassar, Mawaddah, yang bergabung dalam kelas Cita – Cita mengenalkan profesi seorang motivator. Proses kegiatan ini tidak hanya dilakukan di dalam kelas namun jug di luar kelas.  Murid-murid bebas untuk menuliskan dan menceritakan tentang cita-cita mereka kelak. Dalam sesi ini juga, para relawan mengajarkan cara mendengar, menghargai, dan mengapresiasi teman-teman di kelas. Semuanya belajar dengan seru dan menyenangkan namun tetap tertib.

Di waktu yang sama, sebanyak 10 guru sekolah dasar se-kecamatan Sinjai mengikuti pelatihan  Fun Teaching di kantor desa.  Pelatihan ini dibawakan oleh Muhammad Syahruddin Nawir yang merupakan alumni Indonesia Mengajar, juga CPNS Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Pelatihan kali ini mengenalkan metode – metode menarik dan kreatif dalam memanejemen kelas bahkan para guru belajar cara menyenangkan bagaimana mengapresiasi murid di kelas dengan beragam tepukan.  Hasna HS, S.Pd.,SD, PLT Kepala Sekolah SDN 89 Dusun Bontoe menuturkan bahwa ini pertama kalinya ada pelatihan guru yang diprogramkan oleh mahasiswa KKN, biasanya KKN terdahulu datang membantu kegiatan extrakulikuler.

Hal ini diamini oleh KorDes Batu Belerang, Akbar Musafir bahwa kegiatan ini pertama kalinya diadakan di kecamatan  Sinjai Borong. Besar harapannya hal ini bisa memberikan inspirasi untuk menjadi pemantik di kegiatan kedepan dan semoga kerja baik ini selalu ada dan memberi dampak untuk anak Indonesia. Sementara itu, Waode Surya, Program Manager 1000 Guru Sulawesi Selatan yang juga CPNS Bahasa dan Sastra Inggris UIN Alauddin Makassar berterima kasih kepada mahasiswa/I KKN UIN Alauddin angkatan 61 Kec. Sinjai Borong atas undangan kolaborasinya dan diharapkan kerjasama ini tetap berlanjut ke depan demi pendidikan yang lebih baik khususnya di daerah terpencil maupun pedalaman.

Previous Post Pemerintah Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan-Minuman di 3.000 Desa Wisata
Next Post DWP Pascasarjana Adakan Diskusi Terbatas Tentang Perempuan dan Pendidikan