Gambar Pelantikan Mejelis Pembimbing Gugus Depan Dan Pelepasan Kontingen PW-PTAI UIN Alauddin

Pelantikan Mejelis Pembimbing Gugus Depan Dan Pelepasan Kontingen PW-PTAI UIN Alauddin

UIN Online – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Makassar melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Dan Pembina Gugus Depan (Mabigus) Masa bakti 2013-2015, Gerakan Pramuka Makassar 10.073/10.074 yang berpangkalan pada UIN Alauddin Makassar. Kegiatan digelar di ruang Rapat Senat Rektorat, Jum’at (09/05/2014).

Bukan hanyaa pelantikan tetapi kegiatan ini dirangkikan dengan Prof Dr H A Qadir Gassing HT, MS selaku ketua Majelis pembimbing gugus depan berharap agar Pramuka UIN Alauddin harus lebih unggul nilai Islam,  ”Kalau di UIN Alauddin  Lebih ditonjolkan lagi nilai-nilai Islam, Selain nilai pancasila yang ada, kenapa tidak ada anggota pramuka tidak ada yang menonjol di tingkat Nasional, ataukah pramuka kesannya pramuka itu organisasi otomatis,”Tuturnya.

Selain itu ia berharap agar pramuka bisa lebih  lagi, “Saya minta agar kita tegaskan kembali di forum apapun juga, termasuk kepada anak-anak yang mau ke Bengkulu ditegaskan kembali, posisi yang bisa dimainkan pramuka adalah percaturan bangsa ini, yang kedua pramuka itu membina generasi muda mulai dari sekolah dasar bahkan hingga perguruan tinggi, jadi jenjangnya begitu tegas, jadi saya nilai pramuka itu terlalu tawadhu tidak mau menonjolkan diri, sehingga sering tidak kelihatan nanti kelihatan saat upacara, jadi kata kuncinya perlu ada penegasan posisi pramuka dalam pembangunan pembinaan anak-anak bangsa ini,”Harapnya untuk dikenang.

Prof Dr H Noer Bacri Noor M Sc menuturkan bahwa  Pramuka ini organisasi perekat kaula muda Negara Kesatuan Republik Indonesia, didalamnya organisasi apa saja masuk tetapi begitu ia masuk maka satu kata, satu bahasa, dia memiliki dasa warsa, satya darma dan dharma yang kita laksanakan Sepuluh itu kita baktikan, makanya muncul satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,”Ungkapnya penuh antusias.

Kepada yang baru dilantik jadikanlah moment ini menjadi titik tumpuan pada kegiatan kepramukaan mendatang kudarmakan, darmaku kubaktikan, inilah yang harus kita darmakan, kenapa pramuka itu tidak tampak karena memang gerakan pramuka ini gerakan pendidikan untuk basic sifat dan karakter  seseorang kaula muda bangsa republik Indonesia,”Tutur ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan ini.

“Saya titip kepada yang baru dilantik bahwa kita ini berada di perguruan tinggi yang memiliki spesifikasi ilmu agama dan agama yang harus diamalkan Jadikanlah aktifitas kita yang tak terpisahkan antara ilmu dan agama dengan moto ‘ilmu amaliah dan amal ilmiah’ karena itu pramuka siap untuk mendarmakan ilmunya dan siap beramal dalam amal yang ilmiah,”Tuturnya dengan penuh harap. 

Dra. Kamsinah. M. Pd.I. mengungkapkan bahwa UIN Alauddin yang dulu IAIN menjadi salah satu pencetus PW-PTAI “kontingen akan berangkat pada tanggal 13 Mei, untuk yang pake kapal itu merupakan rombongan pengembira, ini merupakan kegiatan yang ke 12 di Bengkulu dan kampus kita merupakan pencetus PW-PTAI ini, UIN menjadi tuan rumah pertama di Bulukumba,”Ungkap ketua Gudep ini.

Previous Post DWP Pascasarjana Adakan Diskusi Terbatas Tentang Perempuan dan Pendidikan
Next Post Ikuti FGD Penyusunan Kurikulum, Wadek l FSH Harap Sistem Pendidikan yang Adaptif