Gambar Nur Khalis: Alumni BSA Mampu menjadi Peneliti

Nur Khalis: Alumni BSA Mampu menjadi Peneliti

UIN Online - Bagi Anda yang tertarik memahami dan pendalaman agama Islam tentu saja anda perlu mengetahui bahasa Arab. Anda mungkin masih mencari dimana Anda bisa mempelajari dan mendalami bahasa dan Sastra Arab? tidak perlu bingung mencari universitas lagi karena saat ini Jurusan Bahasa dan Sastra Arab kini ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) berdiri sejak tahun 1987 di Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan yang telah banyak melahirkan alumni ini telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Menurut Ketua Jurusan BSA, Nur Khalis A Gaffar S Ag MAg, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sejak tahun 2009, Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) No. 016/BAN- PT/Ak-XII/S1/VI/2009) denga nilai akreditasi B tentang status peringkat dan hasil akreditasi program sarjana di perguruan tinggi UIN Alauddin Makassar Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora tentu saja berbeda dengan jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Hal ini pula dijelaskan oleh Ketua Jurusan BSA.

"Bahasa dan Sastra Arab tentu saja berbeda dengan Pendidikan Bahasa Arab. Jika pendidikan bahasa Arab dipersiapkan untuk jadi seorang guru sementara untuk Bahasa dan Sastra Arab mahasiswa dan alumninnya tidak hanya bisa menjadi tenaga pendidik tapi juga bisa mendalami kaidah-kaidah Islam, menulis dan membaca serta mereka yang lulusan bahasa dan Sastra Arab bisa menjadi seorang peneliti," ujar Nur Khalis SAg MAg saat ditemui diruangannya, Jumat (13/5/2011).

"Sesuai dengan visi dan misi jurusan ini kita ingin melahirkan alumni yang handal dan profesional dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab, bisa menjadi pusat kajian bahasa dan sastra Arab serta ilmu-ilmu keislaman, mereka juga mampu Mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian di bidang bahasa dan sastra Arab,' terang ketua jurusan BSA.

Kompetensi kelulusan alumni dari BSA juga tidak perlu diragukan lagi karena mereka dibekali dengan empat kompetensi. Keempat kompetensi itu adalah Pengetahuan dan Pemahaman, Keterampilan Intelektual, Keterampilan Praktis dan Manajerial dan Keterampilan Emosional dan Spiritual.

Menurut Khalis bahwa baik alumni ataupun mahasiswa diberi pengetahuan tentang  gaya bahasa Arab (balaghah) baik klasik maupun kontemporer, mampu menerjemahkan teks-teks berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya, dan mahasiswa mampu menguasai uslub bahasa Arab yang digunakan oleh media massa.

Jurusan yang sudah berdiri hampir setengah abad ini tidak perlu diragukan lagi para alumninya. Seperti sekarang ini Pembantu Rektor (PR) 4 UIN Alauddin Makassar Prof Dr Phil H Kamaruddin M A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Prof Dr Mardan MAg, Prof Nasir Baki, Prof Rusdi Khalik dan Prof Danial Jalaluddin.

Seperti halnya Prof Mardan, mengaku mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Arab karena adanya dorongan dari orang tua yang mewajibkannya mengambil jurusan agama meskipun ia tidak memiliki dasar tentang bahasa arab..

"Bagaimana kita bisa mengakji ilmu-ilmu keislaman kalau kita tidak mengetahui bahasa Arab. Kan aneh kalau seorang ulama tidak memehami bahasa Arab. meskipun saya dulu memulainya dari nol, tapi Alhamdulillah saya bisa menjadi salah seorang wisudawan tercepat ketika itu dibanding dengan teman-teman yang berasal dari pesantren," terang Dekan FAH saat ditemui di ruangan kerjanya.

Keberhasilan dari alumni BSA pastinya tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang disediakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora seperti bimbingan kepada mahasiswa baru, bimbingan praktikum (bahasa Arab, baca & tulis al-Qur'an)  bimbingan akademik, perpustakaan, laboratorium  bahasa & multimedia  serta sistim teknologi informasi dan komputasi yang cukup lengkap. Semuanya itu disediakan untuk menunjang proses belajar mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab.

Selain sarana dan prasarana yang disediakan baik fakultas ataupun jurusan demi kelancara proses belajar mengajar di jurusan bsa ini. Mahasiswa juga dapat memperoleh berbagai macam jenis beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa.

Menurut Nur Khalis A Gaffar S Ag M Ag, jurusan BSA memiliki beberapa beasiswa yang dibagikan pada mahasiswa setiap tahunnya. Beasiswa itu adalah beasiswa depak , bidik misi, Pemprov Sulsel, Supersemar, BI, BRI, Telkom dan beberapa beasiswa lainnya. (*)
Previous Post Ramah Tamah FAH UIN Alauddin, Dekan Minta Alumni Kontribusikan Ilmu kepada Masyarakat
Next Post Teliti Peran Literasi Kitab Kuning, Dosen BSA Lakukan Penelitian di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo