Gambar Menteri Agama Buka PIONIR IX di Malang, UIN Alauddin Target Posisi 3 Besar

Menteri Agama Buka PIONIR IX di Malang, UIN Alauddin Target Posisi 3 Besar

UIN Online Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka gelaran Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke IX, senin malam 15 Juli 2019. Upacara pembukaan dipusatkan di Lapangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur.

Pembukaan PIONIR ke IX yang mengusung tema Spirit of Unity ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim, sejumlah kepala daerah, Direktur Jenderal Pendis, Direktur Diktis Kemenag, Plt Kakanwil Kemenag Jatim dan sejumlah pejabat Kemenag pusat maupun daerah.

Prof. Siti Aisyah selaku Ketua Kontingen UIN Alauddin Makassar pada PIONIR IX 2019 di Malang menegaskan PIONIR merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni dan riset tingkat nasional mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kementerian Agama RI.

Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang digelar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan berlangsung pada 15-21 Juli 2019 dengan melibatkan ribuan peserta. Sementara UIN ALauddin Makassar menyertakan 101 peserta yang akan bertanding disemua cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Terkait target, ia optimis pada PIONIR ke IX, UIN Alaudin Makassar akan masuk poisi 3 besar, mohon dukungan dan doanya, ujar Wakil Rekor Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin .

Ada empat cabang/bidang yang diperlombakan dalam PIONIR ke IX, yaitu Bidang Ilmiah meliputi Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK). 

Cabang Olahraga, Futsal, Volley Ball, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Takraw, Pencak Silat, Basket, dan Karate. Cabang Seni Musabaqah Tilawah al-Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil-Quran (MHQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Kaligrafi, Pop Solo Islami, Design dan peragaan Busana Muslim, Puitisasi Alquran, dan Marawis.

"Dan Bidang Riset Karya Tulis dan Karya Inovatif Mahasiswa, tandasnya.

Ketua Panitia Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke IX, Isroqunnajah Ahmad yang juga Wakil Rektor III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengklaim peserta/kontingen yang bakal unjuk karya di ajang PIONIR ke IX merupakan terbanyak sepanjang perhelatan ajang dua tahunan ini berlangsung.

"Ya dibanding PIONIR I-VIII, peserta yang mengikuti PIONIR ke IX mencapai 3.200 peserta di tambah official sekitar 400 orang. Sementara pada PIONIR sebelumnya peserta hanya mencapai dua ribuan," ujar Isroqunnajah di Malang, Senin (15/07).

Ia menambahkan ribuan peserta PIONIR ke IX tersebut berasal dari 58 PTKIN binaan Kementerian Agama se Indonesia, yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. 

Sementara itu Rektor UIN Alauddin Prof Musafir Pababbari berharap Kontingen UIN Alauddin dapat memboyong Trophy Menteri Agama ke UIN Alauddin Makassar, tutupnya.

Previous Post Dosen Keperawatan Jadi Narasumber Podcast Kampanye Moderasi Beragama Melalui Digital dan Online Nad
Next Post Pimpinan FAH Beserta Jajarannya Hadiri Sidang Promosi Doktor Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan