Gambar Mahasiswa UIN Alauddin Kunjungi Dinas Perpustakaan Sulsel Belajar Langsung Desain dan Interior

Mahasiswa UIN Alauddin Kunjungi Dinas Perpustakaan Sulsel Belajar Langsung Desain dan Interior

UIN Alauddin Online – Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar melaksanakan tugas observasi dengan mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.

Observasi ini merupakan bagian dari mata kuliah Desain Gedung dan Interior Perpustakaan yang dibimbing Dr. Zulkarnain AS, ST., MT.

Setibanya di lokasi, mahasiswa disambut hangat oleh pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan. 

Pustakawan memberikan penjelasan yang rinci mengenai fungsi dari setiap ruang yang ada serta teknologi-teknologi yang disediakan di perpustakaan ini.

Mahasiswa diajak untuk mengelilingi perpustakaan mulai dari lantai satu hingga lantai dua. Mereka juga berkesempatan untuk mengunjungi ruangan khusus yang digunakan untuk pelestarian bahan pustaka, yang terletak di belakang gedung perpustakaan. 

Ruangan ini dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menjaga kondisi bahan pustaka agar tetap awet dan terpelihara dengan baik.

Kunjungan ini memberikan wawasan baru bagi mahasiswa mengenai desain dan tata letak perpustakaan, serta pentingnya teknologi dan pelestarian bahan pustaka dalam manajemen perpustakaan modern.

Dr. Zulkarnain AS menekankan bahwa pengalaman langsung seperti ini sangat penting untuk memperkaya pemahaman mahasiswa tentang aplikasi praktis dari teori yang dipelajari di kelas. 

"Kunjungan ini tidak hanya memberikan wawasan baru mengenai desain dan tata letak perpustakaan, tetapi juga meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya teknologi dan pelestarian bahan pustaka dalam manajemen perpustakaan modern," ujar Dr. Zulkarnain AS.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, Ifda Firdha Fadia mengaku sangat antusias dan mendapatkan banyak ilmu baru. 

"Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Melihat langsung bagaimana perpustakaan modern dikelola dan bagaimana teknologi diterapkan dalam pelestarian bahan pustaka memberikan perspektif baru bagi kami," ujarnya.

Dengan kegiatan observasi ini, diharapkan mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam perkuliahan secara lebih praktis dan nyata, serta siap menghadapi tantangan dalam dunia perpustakaan yang terus berkembang.

Previous Post Mahasiswa UIN Makassar Juara 1 Kompetisi Business Case Nasional Kalla Future Leader
Next Post Penyerahan Hadiah jadi Penutup Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ Ekonomi Islam