Gambar Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Perkaya Pemahaman Siaran di Radio Telstar FM

Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Perkaya Pemahaman Siaran di Radio Telstar FM

UIN Alauddin Online - Sejumlah mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar berkunjung ke Radio Telstar 102.7 FM, Kota Makassar.

Kunjungan ini merupakan bagian dari mata kuliah produksi radio dan TV yang dipandu oleh Sekretaris Prodi Jurnalistik, Irnawati M I Kom. Menurut Irnawati, tujuan utama kunjungan ini adalah memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang produksi siaran radio.

"Kunjungan ini sebagai penguatan mata kuliah, untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada mahasiswa mengenai budaya dan dinamika komunikasi dalam manajemen perusahaan dan instansi," ujar Irnawati.

Radio Telstar, dikenal stasiun yang banyak membahas tema keluarga, telah menjadi bagian penting dari komunitas Makassar sejak awal 1970-an, dikenal dengan motto "Personal Star".

Stasiun ini tidak hanya bertujuan menghibur, tetapi juga menyediakan informasi relevan dan edukatif kepada pendengarnya dengan jadwal siaran dari pukul 05.00 hingga tengah malam setiap harinya.

Para mahasiswa disambut oleh Adnan, salah satu penyiar berpengalaman di Telstar, yang memberikan wawasan mendalam tentang operasional stasiun.

Para mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti proses siaran langsung di ruangan studio, sementara yang lainnya berkesempatan mengunjungi ruang produksi.

Adnan menjelaskan bahwa tidak semua program siaran dilakukan secara langsung, banyak di antaranya direkam terlebih dahulu untuk memastikan kualitas optimal.

"Saat proses rekaman, kami berusaha untuk menghindari istilah terkait cuaca," kata Adnan sambil tersenyum.

Selama kunjungan, mahasiswa diberikan kesempatan langsung untuk memahami proses produksi siaran dan iklan, termasuk dalam pemilihan lagu-lagu yang tidak hanya mengikuti tren tetapi juga mengandung pesan yang mendalam bagi pendengar.

"Kunci kesuksesan sebagai penyiar adalah memiliki pengetahuan yang kuat dan keberanian untuk berbicara. Saya berharap generasi muda ini dapat memanfaatkan platform radio untuk menyuarakan ide dan inspirasi mereka, serta menginspirasi generasi mendatang," tutupnya.

Previous Post Ramah Tamah FAH UIN Alauddin, Dekan Minta Alumni Kontribusikan Ilmu kepada Masyarakat
Next Post Teliti Peran Literasi Kitab Kuning, Dosen BSA Lakukan Penelitian di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo