Gambar LPM UIN Alauddin Makassar Terima Bencmarking GKM FTK UIN Sunan Ampel Surabaya

LPM UIN Alauddin Makassar Terima Bencmarking GKM FTK UIN Sunan Ampel Surabaya

UIN Alauddin Online - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin Makassar menerima bencmarking Gugus Kendali Mutu FTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Roombongan diterima langsung Ketua LPM UIN Alauddin Makassar, Prof Mashuri Masri di ruang akreditasi Gedung Rektorat, Selasa 21 Mei 2024.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut para Kepala Pusat LPM UIN Alauddin Makassar serta Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes. merasa senang atas kedatangan tim GKM FTK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk bisa saling berbagi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di PTKI.
 
Tentu banyak best practice yang bisa diambil untuk saling melengkapi, juga berbagai permasalahan untuk dicarikan solusi. 

“Mudahan-mudahan ini menjadi momen untuk saling belajar dan berbagi agar mutu pendidikan tinggi Islam kita lebih unggul dan kompetitif," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Dekan 1 FTK UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd. menyampaikan komitmen dan upaya maksimal dalam peningkatan mutu akademik, terutama bagi prodi-prodi di lingkungan FTK. 

Dijelaskan bahwa terdapat 10 prodi di FTK UIN Alauddin Makasar, saat ini juga sedang reakreditasi beberapa prodi. Karena di universitas tidak ada nomenklatur untuk penjaminan mutu tingkat Fakultas, maka FTK membentuk KPM (Komite Penjamin Mutu) di level fakultas dan GPM (Gugus Pengendalian Mutu) di level prodi.

 “Dengan adanya sharing pengalaman bersama tim GKM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya kita berharap bisa mendapatkan informasi dan inspirasi dalam menata mutu layanan pendidikan tinggi kita”, tambahnya.


Sementara perwakilan dari FTK UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan tentang struktur dan tugas GKM di fakultas, di samping itu juga pemaparan mekanisme validasi perangkat permbelajaran, monitoring perkuliahan, Audit Mutu Internal, pengelolaan jurnal, serta peran laboratorium dalam menunjang layanan akademik. Muh. Faizin, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa yang mewakili rombongan menegaskan bahwa Gugus Kendali Mutu yang melekat pada struktur Jurusan merupakan perpanjangan tangan dari LPM UIN Sunan Ampel Surabaya, memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengawal penjaminan mutu di level prodi di lingkungan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sebelum meninggalkan kampus UIN Alauddin Makassar, rombongan GKM FTK UIN Sunan Ampel Surabaya berkesempatan hadir di ruang kerja Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar. Prof. Drs. Hamdan Juhannis M.A, Ph.D, 

Rektor UIN Alauddin Makassar, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari tim FTK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk bisa saling belajar dan berbagi. “Silahkan digali dan dimanfaatkan apa yang ada di UIN Alauddin Makassar ini. Kami sangat terbuka, dan tentu ini menjadi kesempatan kita bersama untuk terus berpacu dalam upaya meningkat mutu kampus keagamaan Islam”, pungkasnya.

Previous Post Optimis Akreditasi Unggul, Prodi Jurnalistik Laksanakan Karantina Borang
Next Post Prodi Keperawatan Adakan Kuliah Pakar Bahas Peran dan Kompetensi Perawat K3 di Perusahaan