Gambar Lipi Akan Sumbang 20 Ekor Sapi

Lipi Akan Sumbang 20 Ekor Sapi

UIN Online - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) divisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (Iptekda) akan memberikan bantuan sapi sebanyak 20 ekor untuk jurusan Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pembantu Dekan II Bidang Administrasi Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin, Drs M Arif Alim MAg, Kamis (12/05/2011). Sapi-sapi ini akan dijadikan sebagai bahan penelitian dan praktikum mahasiswa jurusan peternakan.

“Jadi, nantinya sapi-sapi tersebut akan dijadikan sebagai teching farm bagi mahasiswa. Ada bantuan seluas tiga hektar tanah di belakang UIN yang diberikan oleh Rektor kepada kita untuk pelaksanaan teaching farm,” kata Arif.

Meski demikian, lanjut Arif, belum ada kepastian kapan tepatnya bantuan sapi-sapi tersebut datang. Namun, kata Arif, bahwa dalam waktu dekat sapi tersebut telah ada. 10 ekor untuk penggemukan dan sepuluh ekor untuk perkembangbiakan.

Dalam teaching farm tersebut, mahasiswa akan diajarkan bagaimana menggemukkan sapi dalam jangka waktu yang singkat. "Bagaimana dalam kurun waktu satu tahun 10 ekor sapi itu mampu berkembangbiak dengan cepat bisa mencapai ratusan ekor dengan melakukan inseminasi buatan," ujar Arif.

Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana mampu menciptakan biogas dari kotoran ternak menjadi sumber tenaga listrik. Minimal, nantinya mampu digunakan di UIN. 

Divisi Iptekda lembaga memiliki visi bagaimana menciptakan ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, cerdas, kreatif, integratif dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis. (*)
Previous Post Ramah Tamah FAH UIN Alauddin, Dekan Minta Alumni Kontribusikan Ilmu kepada Masyarakat
Next Post Teliti Peran Literasi Kitab Kuning, Dosen BSA Lakukan Penelitian di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo