Gambar HMJ PGMI UIN Alauddin Diskusi Peran Mahasiswa Kembalikan Peradaban Islam

HMJ PGMI UIN Alauddin Diskusi Peran Mahasiswa Kembalikan Peradaban Islam

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madratsah Ibtidaiyyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin menggelar diskusi bertajuk "Peran Mahasiswa dalam Mengembalikan Peradaban Islam", Sabtu (31/7/2021).

Kegiatan yang digelar melalui Zoom Meeting ini menghadirkan Heri Al Fatih, Trainer Yuk Ngaji Makassar dan I'm Smart sebagai pembicara dan pemantik diskusi.

Dalam penyampaiannya, Islam kata dia, terus mengalami perkembangan sejak diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dan turut mendorong timbulnya suatu kebudayaan, salah satunya lahir perkembangan Islam yang dinamakan Peradaban Islam.

Mahasiswa menurutnya, adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari negara karena peran pentingnya begitu besar terhadap majunya sebuah peradaban yang sedang dibangun oleh bangsa.

"Peradaban yang mempunyai cita cita luhur dan mulia, yaitu menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera. Oleh karena itu, mahasiswa dapat dirumuskan dalam beberapa poin perihal peran dan fungsinya untuk peradaban Indonesia," katanya.

Pertama lanjut dia, mahasiswa sebagai Iron Stock, yang merupakan bagian dari sebuah harapan kecil masyarakat agar dapat merubah kondisi bangsa yang saat ini semakin runyam akibat berbagai permasalahan yang terjadi.

"Mahasiswa sebagai Guardian of Value. Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai-nilai moral di tengah masyarakat, yang bersifat mutlak serta tidak ada lagi keraguan didalamnya," urainya.

Selanjutnya papar Heri, Mahasiswa dinilai sebagai Agent of Change. Bersama masyarakat, mahasiswa yang diharapkan menjadi bagian dari perubahan dan aktor yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik, lebih bermartabat, lebih makmur, lebih sejahtera dan lebih tentram.

Previous Post HMJ Matematika FST UIN Alauddin Sukses Gelar Ajang Kompetisi Matematika Nasional Secara Virtual
Next Post HMJ Pendidikan Fisika UIN Alauddin Gelar Seminar Kegamaan ‘Surga dan Nerakamu Ada di Ujung Jempolmu’