Gambar HMJ BPI UIN Alauddin Edukasi Pemuda se-Sulsel Melalui Sekolah Anti Narkoba

HMJ BPI UIN Alauddin Edukasi Pemuda se-Sulsel Melalui Sekolah Anti Narkoba

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Sekolah Anti Narkoba (SAN) se-Sulawesi Selatan Vol 5, di Pondok Madinah Resort, Kota Makassar pada 6 hingga 7 Juli 2024.

Kegiatan yang dihadiri 7 sekolah yang terdiri dari SMA, SMK, MA yang ada di Sulsel ini mengusung tema “Membentuk Karakter Pemuda dengan Mewujudkan Generasi Z melalui Pendidikan Anti Narkoba”.

Kegiatan tersebut mengundang empat narasumber, yakni Penyuluhan Narkoba Ahli Pertama BNN Provinsi Sulawesi Selatan, Uswatun Hasanah, Konselor Adiksi Balai Rehabilitasi BNN Baddoka, Nur Rahmi Said, Kepala Dinas Kesehatan, Dr dr H Ishaq Iskandar, serta pakar bidang Ilmu Komunikasi Dakwah dan Konseling, Dr Meis B Wulur.

Ketua panita, Fatma mengatakan alasan mengangkat tema tersebut karena banyaknya pemuda-pemudi yang menyalahgunakan narkoba.

“Sasaran kita itu para anak SMA, SMK, dan MA sederajat sebagai penerus agar terhindar dari bahayanya narkoba,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya, terutama dari segi pemateri yang diundang.

“Pada kegiatan kali ini kami mengundang pemateri-pemateri yang ahli dalam bidangnya untuk menuntas terkait bahayanya narkoba,” imbuhnya.

Salah satu peserta yang merupakan delegasi dari SMAN 21 Gowa, Reski Amelia mengatakan alasannya mengikuti kegiatan ini untuk mempelajari banyak hal dan menambah relasi ke sekolah lain.

“Saya sebagai Gen Z harus banyak belajar baik itu pelajaran di dalam sekolah maupun di luar sekolah seperti Sekolah Anti Narkoba ini,” katanya.

Reski juga berharap supaya penyelenggara bisa menjangkau lebih banyak anak sekolah, karena narkotika telah tersebar di penjuru daerah.

“Semoga kakak-kakak panita bisa menjangkau anak sekolah lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Prodi) BPI, Dr St Rahmatiah S Ag M Sos I berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, HMJ BPI bisa mengedukasi remaja tentang narkoba agar nantinya mereka tidak terkapar narkoba atau menyalahgunakannya.

"Semoga kedepan semakin banyak generasi Z yang bebas obat terlarang ini karena kita berharap remaja masa kini adalah harapan kita menjadi pemimpin yang bermoral berakhlak di masa yang akan datang," pinta Ketua Prodi.

Previous Post Ramah Tamah FAH UIN Alauddin, Dekan Minta Alumni Kontribusikan Ilmu kepada Masyarakat
Next Post Teliti Peran Literasi Kitab Kuning, Dosen BSA Lakukan Penelitian di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo