Gambar FSH UIN Alauddin Makassar Beri Penguatan Prodi Untuk Meraih Akreditasi Unggul

FSH UIN Alauddin Makassar Beri Penguatan Prodi Untuk Meraih Akreditasi Unggul

UIN Alauddin Online - Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar mengelar Pertemuan Penguatan Program Studi (Prodi) dengan menghadirkan Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberi penguatan Prodi dalam meraih akreditasi unggul itu dilaksanakan di Ruang Rapat Senat FSH, Selasa (09/08/2022).

Acara tersebut menghadirkan narasumber, Asesor BAN-PT, Prof Dr H Ahmad Thib Raya M A, Kepala LPM UIN Alauddin Makassar Prof Dr Achmad Abubakar M Ag, Guru Besar FSH Prof H Kasjim Salenda M Th I, Prof Hj Siti Aisyah Kara M A Ph D.

Kemudian Dekan FSH Dr H Muammar Muhammad Bakry Lc M Ag, Wakil Dekan I dan II, Ketua dan Sekretaris Prodi, dan Sejumlah Dosen Lingkup Fakultas Syariah dan Hukum.

Prof. Thib Raya menyampaikan berbagai hal mengenai pengembangan lembaga serta penguatan akademik dalam meningkatkan akreditasi. Ia menilai bahwa untuk meraih akreditasi unggul pada Universitas, maka diperlukan akreditasi unggul pada Prodi.

“Hal yang mutlak dilakukan jika mendapatkan akreditasi unggul universitas adalah akreditasi yang unggul pada prodi yang ada, demikian pula jumlah guru besar,” paparnya.

Lebih lanjut, Prof Thib juga memberikan motivasi kepada para dosen untuk segera melajutkan pendidikannya, bahkan ia berharap bahwa dosen yang bergelar Doktor untuk segera meraih Professor, ia menilai bahwa gelar Professor merupakan sumbangsih tertinggi seorang Dosen kepada Perguruan Tinggi.

“Dosen yang belum bergelar Doktor untuk segera menempuh program Doktor,  Demikian pula yang sudah Doktor harus bercita-cita berusaha dan berdoa untuk meraih guru besar, Ketika kita sudah professor maka itulah sumbangan terbesar bagi lembaga kita, Pendidikan pasti ada rezekinya, tak ada orang yang melarat karena pendidikan," pesannya.

Mantan Pjs Rektor UIN Alauddin Makassar itu, menutup pemaparannya dengan menitipkan pesan tentang pentingnya menjaga silaturahmi antar sesama dosen serta keharusan memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa.

“Pentingnya silaturahim yang kita bangun dengan semua pihak, saya menganalogikan seperti tubuh, terdiri kepala, badan dan kaki,  dalam kehidupan tiga komponen ini pasti harus bekerjasama dengan baik, dengan atasan, dengan sejawat dan dengan bawahan, dan tak kalah pentingaya adalah pelayanan yang baik kepada mahasiswa,” pungkasnya.

Previous Post Mahasiswa BSI UIN Alauddin Juara III Lomba Puisi Tingkat Universitas
Next Post UIN Alauddin Makassar Gelar Pembekalan KKN Reguler Angkatan 69-70