Gambar Dosen Pasca UIN Alauddin Bahas Strategi Bisnis di Era Globalisasi Kampus ITSBM Selayar

Dosen Pasca UIN Alauddin Bahas Strategi Bisnis di Era Globalisasi Kampus ITSBM Selayar

UIN Alauddin online – Dosen UIN Alauddin Makassar,  Dr. Jamaluddin Majid, S.E., M.Si., CAP., CGRM, menjadi pembicara pada Kuliah Pakar yang digelar di ITSBM Selayar bertajuk Entrepreneurship Mindset: Strategi Bisnis di Era Globalisasi. 


Pada kesempatan tersebut Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar menghadirkan narasumber Dr. Jamaluddin Majid, S.E., M.Si., CAP., CGRM, yang juga Ketua Program Studi Magister Akuntansi Syariah UIN Alauddin Makassar.


Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam), Kampus ITSBM Selayar, Jalan R.A. Kartini, Benteng, pada Sabtu 13 September 2025, dan dihadiri pimpinan dan seluruh civitas akademika serta ratusan mahasiswa ITSBM Selayar.


Dalam sambutannya, Wakil Rektor ITSBM Selayar, Dr. Muhammad Ihsan Maro, S.Ag., M.Si., menyampaikan apresiasi atas kesediaan narasumber berbagi ilmu dan pengalaman.


“Kami menyambut hangat dan berterima kasih atas waktu luang Dr. Jamal (sapaan) untuk memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, apalagi ketika diintegrasikan dengan metode ekonomi syariah dengan menekankan aspek kejujuran dan keadilan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.


Sementara itu, Dr. Jamaluddin Majid  yang juga Asesor Lamemba dalam paparannya menekankan pentingnya perubahan mindset pola pikir mahasiswa dalam kewirausahaan dan para pelaku UMKM saat ini di era globalisasi dan digitalisasi. Para pengusaha perlu melakukan langkah inovasi dan pengembangan produk serta bisa ekspansi usaha agar lebih meningkatkan nilai perusahaan.


Ia mengingatkan bahwa UMKM saat ini bukan hanya menciptakan produk yang menjadi perhatian, tetapi juga bagaimana penggunaan aplikasi di media social sebagai sarana perdagangan yang harus dikelola dengan bijak agar tujuan usaha tepat sasaran. 


Selain itu, strategi promosi lewat flatporm media social yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen juga menjadi kunci agar produk mampu menarik perhatian pasar dan berkelanjutan.


Kuliah pakar ini menjadi bagian dari komitmen ITSBM Selayar dalam memperkuat kualitas akademik mahasiswa, khususnya dalam membangun wawasan kewirausahaan yang adaptif dan berdaya saing di tengah tantangan global.



Previous Post Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Ajarkan Siswa SDN 31 Lau Cara Buang Sampah yang Benar
Next Post UIN Alauddin Dampingi Menag Jenguk Korban Insiden Kebakaran Gedung DPRD di RS Grestelina