Gambar Dosen dan Mahasiswa PBI UIN Alauddin Belajar Kiat Beasiswa dengan USAID TEMAN LPDP

Dosen dan Mahasiswa PBI UIN Alauddin Belajar Kiat Beasiswa dengan USAID TEMAN LPDP

UIN Alauddin Online - Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menghadiri sosialisasi beasiswa yang dibawakan oleh U.S. Agency for Internatonal Development (USAID) Technical Management Assistance (TEMAN) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bekerja sama dengan UPT Pusat Bahasa UIN Alauddin Makassar pada Kamis 6 Juni 2024.

Pada kegiatan tersebut tim USAID TEMAN LPDP yang terdiri dari Remy Rohardian yang merupakan Chief of Party (COP), Yos Sudarso Usman Putra selaku Technical Lead–Scholarship Management dan Rizki Atina sebagai perwakilan USAID Indonesia.

Tim USAID TEMAN LPDP memulai materi dengan menjelaskan latar belakang serta memperkenalkan aktivitas utama mereka yang terdiri empat hal, yaitu scholarship management, partnership with U.S. university, pathway program dan outreach.

Pembahasan kemudian dilanjutkan dengan mengulas keuntungan yang didapatkan mahasiwa yang belajar di Amerika serta sektor-sektor strategis yang dibutuhkan oleh pemerintah dan pihak swasta sebagai lapangan kerja.

Tim USAID TEMAN LPDP kemudian menjelaskan tentang beberapa beasiswa yang bisa didaftari oleh mahasiswa S1, salah satunya adalah MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) yang memang dikhususkan untuk universitas di bawah Kementerian Agama.

Pemateri juga memberi semangat kepada peserta yang hadir untuk mencoba kesempatan dalam mengenyam pendidikan di Amerika melalui beasiswa.

Sekadar diketahui, USAID TEMAN LPDP bertugas mendukung penyedia beasiswa di Indonesia untuk meningkatkan keberhasilan mahasiswa, memperkuat tenaga kerja Indonesia, dan meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas, sejalan dengan tujuan Pemerintah Indonesia.

Untuk mencapai hal ini, USAID TEMAN LPDP memberikan bantuan teknis untuk meningkatkan pengelolaan program beasiswa yang didanai LPDP dan secara aktif memfasilitasi kerja sama dengan universitas-universitas AS, serta membuka pintu bagi para pelajar untuk mengakses pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Previous Post Optimis Akreditasi Unggul, Prodi Jurnalistik Laksanakan Karantina Borang
Next Post Prodi Keperawatan Adakan Kuliah Pakar Bahas Peran dan Kompetensi Perawat K3 di Perusahaan