Gambar Awal Tahun 2020, 36 Jurnal UIN Alauddin Terakreditasi Nasional

Awal Tahun 2020, 36 Jurnal UIN Alauddin Terakreditasi Nasional

UIN Online – Kini, sebanyak 36 jurnal UIN Alauddin Makassar telah terakreditasi nasional. Oleh karenanya, Rektor kampus peradaban itu, Prof Hamdan Juhannis MA PhD sangat mengapresiasi hal tersebut.
 
Ia mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut menunjukkan salah satu Pancacita Rektor yaitu, publikasi akademik yang aktif, telah tercapai di tahun pertama kepemimpinannya.
 
“Saya ucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor I dan jajarannya, khususnya para pengelola Rumah Jurnal atas kerja samanya sehingga pencapaian ini bisa diakselerasi,” tuturnya.
 
Prof Hamdan menuturkan bahwa peningkatan kualitas jurnal akan membuat tradisi akademik di UIN Alauddin menjadi lebih maju dan dinamis, para dosen dan mahasiswa akan lebih giat meneliti dan menulis.
 
“Capaian ini juga, tentu akan mendongkrak reputasi akademik UIN Alauddin di antara perguruan tinggi lain,” paparnya.
 
Ia juga menambahkan, akan memberikan penghargaan bagi setiap peningkatan capaian dalam bidang publikasi akademik yang menjadi salah satu fokusnya. 
 
Prof Hamdan berharap bahwa di tahun 2020 ini, ada jurnal yang mampu menembus SINTA 1.
 
“Bila Rumah Jurnal bisa mewujudkan harapan itu dalam dua tahun kepemimpinan kami, Insyaallah akan kami beri reward khusus bagi pencapaian tersebut,” beber Rektor temuda UIN Alauddin itu.
 
Salah seorang pengelola Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar, Zaenal Abidin menyampaikan bahwa saat ini Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar mendampingi jurnal-jurnal kampus, fakultas dan prodi.
 
“Saat ini Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar mendampingi jurnal-jurnal kampus, fakultas dan prodi. 36 jurnal diantaranya terakreditasi nasional yang masing-masing terdiri dari 3 jurnal dengan SINTA 2, 10 jurnal SINTA 3, 14 jurnal SINTA 4 dan 9 jurnal SINTA 5,” ucapnya saat diwawancarai.
 
Adapun lima jurnal baru terakreditasi di awal tahun ini yakni Jurnal MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran (SINTA 3/Reakreditasi), Jurnal Diskursus Islam (SINTA 3), Jurnalisa: Jurnal Jurusan Jurnalistik (SINTA S4), Jurnal Ecces: Economics, Social and Development Studies (SINTA 5) dan Jurnal MSA: Matematika dan Statistika serta Aplikasinya (SINTA 5).
Previous Post Meraih Fitrah di Tengah Pandemi, Jadi Tema Halal Bihalal FTK UIN Alauddin
Next Post Prof Thib Raya Jelaskan Esensi Taubat dan Istigfar di Halal Bi Halal FAH UIN Alauddin